Urine Berubah Merah! Segera Periksa!

Air seni atau urine normalnya berwarna kekuningan dan terlihat jernih. Bila tiba-tiba urine anda berubah warna menjadi merah atau bahkan kecoklatan, waspadalah dan segera memeriksakan diri! Kenapa harus waspada? Bila kencing berwarna merah kemungkinan besar urine yang keluar tadi bercampur dengan darah atau dalam istilah medis disebut Hematuria.

Hematuria harus mendapat perhatian lebih karena itu adalah gejala dari suatu penyakit. Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan hematuria/ kencing darah adalah : Glomerulonefritis, Penyakit ginjal kongenital, Anomali Pembuluh darah ginjal, Infeksi ginjal ( pyelonefritis), Tumor ganas ginjal, Batu ginjal, Pasca biopsi ginjal, Obat-obatan contohnya asetosal atau sulfametoksazol, Batu saluran kemih, Infeksi saluran kemih, Haemophilia, Obat-obatan antikoagulan contohnya warfarin, Pasca latihan jasmani yang berat serta Trauma.

Jadi jangan menunda lama-lama segeralah berobat dan memeriksakan diri. Bila segera berobat maka akan segera ditemukan apa penyebabnya atau penyakit apa yang menyebabkan hematuria ini. Tindakan yang dilakukan oleh dokter pertama kali yaitu pasti akan menyuruh anda untuk ke laboratorium dan menjalani beberapa pemeriksaan urine termasuk pemeriksaan USG (ultrasonografi).

Dengan demikian dapat dipastikan apa penyebabnya serta berbahaya atau tidaknya penyakit itu. Hematuria sendiri dibagi menjadi 2 berdasarkan banyak sedikitnya darah yaitu:

hematuria atau kencing darah

1. Gross hematuria

Ini menyebabkan urine berwarna merah dan jelas sekali terlihat dengan mata. Bisa terlihat dengan jelas karena jumlah darah yang keluar bersama urine cukup banyak.

2. Mikroskopis hematuria

Darah yang terdapat pada urine hanya dapat terdeteksi oleh pemeriksaan laboratorium. Ini karena jumlah darah yang keluar tidak banyak.

Biasanya hematuria ada yang disertai rasa nyeri tetapi ada juga yang painless (tidak nyeri sama sekali). Hal ini sangat berhubungan dengan penyakit yang menyebabkannya. Hematuria yang nyeri sekali (painfull) biasanya sering disebabkan oleh infeksi saluran kencing atau adanya batu didalam kandung kencing. Sedangkan yang painless sering disebabkan karena adanya tumor di saluran kencing.

Yang banyak terjadi adalah karena tidak menimbulkan rasa sakit kemudian penderita yang mengalami kencing berwarna merah tadi cuma membiarkan dan tidak segera memeriksakan diri. Padahal hematuria tanpa rasa sakit tadi sering disebabkan oleh karena tumor dan harus diwaspadai.

Akhirnya tumor yang timbul akan semakin membesar dan bertambah parah sehingga penderita baru datang untuk memeriksakan diri, padahal jika sudah terlambat seperti ini akan sangat sulit untuk bisa kembali baik. Ini terutama bila tumor itu ternyata kanker ganas dan sudah masuk ke stadium lanjut/ akhir. Operasipun tidak dapat menyembuhkannya.

Berbeda bila penderita segera berobat dan setelah dilakukan pemeriksaan ternyata didapatkan tumor yang ganas, maka dokter akan segera melakukan tindakan operasi untuk mengangkat tumor tersebut agar tumor ganas/ kanker tadi tidak menjalar dan menggerogoti organ tubuh yang lain. Biasanya setelah operasi penderita wajib kontrol secara rutin untuk memantau petumbuhan tumor tadi.

Jadi jangan kuatir dengan urine yang berwarna merah, apabila segera diperiksakan tentunya akan sembuh dan kembali normal berwarna kuning dan bening kembali.

Comments

comments