Terapi Alternatif Untuk Demam Berdarah

Demam Berdarah Dengue atau Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) masih menjadi penyebab kematian yang sering terjadi pada anak-anak. Ini karena terlambatnya orang tua untuk membawa anaknya berobat. Berdasarkan pengalaman, biasanya orang tua memberikan obat turun panas untuk anaknya yang sedang menderita demam tinggi. Dan yang sering menjadi fatal adalah orang tua membiarkan anaknya meskipun demam tidak mau turun, dengan alasan “kalo diberi obat turun kok”. Padahal bila demam yang menyerang adalah demam berdarah, maka tidak boleh terlambat untuk memeriksakan anaknya sebab pada hari ke 5 akan terjadi perdarahan dan bila dibiarkan saja akan dapat mengakibatkan kematian.

terapi alternatif demam berdarah

Pada hari ke 5 tersebut akan terjadi penurunan demam disertai penurunan trombosit, sehingga bila tidak diterapi secara khusus dapat membahayakan jiwa anak tersebut. Karena penyakit ini sangat bahaya terutama bila terlambat, maka tidak ada salahnya bila kita semua mengetahui terapi alternatif lain yang dapat meningkatkan jumlah trombosit, apalagi bila jarak antara tempat tinggal dengan rumah sakit terdekat sangat jauh.

Berdasarkan penelitian yang sudah ada, jus jambu biji dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah trombosit. Jadi sambil menunggu pengobatan dari rumah sakit tidak ada salahnya untuk diberikan jus jambu biji ini.

Pengobatan dengan jus jambu biji sudah banyak yang mengetahui, bahkan sekarang sudah ada perusahaan farmasi yang mematenkan sebuah produk suplemen yang isinya ekstrak jambu biji dan dapat digunakan untuk terapi tambahan pada penyakit demam berdarah.

Selain jus jambu biji, akhir2 ini juga sudah diteliti beberapa buah yang juga dapat digunakan untuk mengobati demam berdarah yaitu tomat dan kurma tiongkok.

Tomat disinyalir dapat menghambat pertumbuhan virus dengue yang menjadi penyebab demam berdarah. Selain itu tomat juga mempunyai khasiat sebagai antiseptik dan antibiotik. Sehingga mampu menurunkan demam tinggi yang disebabkan oleh demam berdarah dengue.

Kurma tiongkok berdasarkan penelitian dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Selain itu kurma ini juga banyak mengandung Vit C yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi bila kedua buah tadi digabungkan niscaya akan dapat menyembuhkan DHF.

Berapa biji yang diperlukan? tomat sekitar 200 gram dam kurma sekitar 500 gram, kemudian dijus, dan diminum 3 kali dalam sehari sebanyak masing-masing 1 gelas (ini untuk orang dewasa, untuk anak bisa menyesuaikan). Untuk mengujinya dapat dicoba dengan memeriksakan kadar trombosit ke laboratorium, apakah terjadi peningkatan. Terapi ini sudah pernah diuji coba dan memang dapat meningkatkan kadar trombosit, selain itu kelebihannya adalah tanpa efek samping mengingat bahan dasar adalah buah.

Comments

comments