Salah Satu Penyebab Kemandulan

Anak adalah dambaan bagi setiap keluarga. Memang kurang lengkap kebahagiaan suatu keluarga tanpa kehadiran seorang anak. Sehingga tidak jarang keluarga yang belum dikaruniai anak akan berusaha kesana kemari untuk mendapatkan anak dengan berbagai cara.

Dalam bahasan kali ini, saya akan membahas salah satu penyebab kemandulan (infertilitas) atau susah punya anak yang sering kali tidak disadari. Memang ada banyak penyebab yang membuat sulit punya anak. Kali ini yang dibahas cukup sepele tetapi karena hampir dilakukan setiap hari jadinya dapat mengakibatkan sulit punya anak/ mandul.

Penyebab kemandulan

Kebiasaan yang dapat mengakibatkan mandul adalah sering menggunakan celana dalam yang ketat. Kenapa bisa mengganggu kesuburan? Celana dalam yang ketat akan mengganggu aliran darah dari testis ke otak sehingga lama kelamaan akan membuat pembuluh darah ini melebar (dilatasi). Pelebaran pembuluh darah ini akan mempengaruhi proses pembentukan sperma.

Perlu diketahui juga untuk para pria bahwa daerah disekitar alat reproduksi sebaiknya diusahakan selalu dalam kondisi dingin karena organ reproduksi membutuhkan kondisi suhu udara yang relatif cukup dingin untuk membuatnya menjadi subur.

Jadi pekerjaan yang selalu berdekatan dengan suhu panas seperti seorang koki atau chef, juga dapat menyebabkan gangguan pada organ reproduksinya karena organ reproduksi atau testis memerlukan suhu yang relatif dingin, jadi sebaiknya untuk para chef setelah memasak dan berdekatan dengan alat memasak yang panas segera keluar dari dapur setelah proses masak memasak selesai.

Kebiasaan lainnya yang cukup mengganggu organ reproduksi adalah bekerja dengan posisi duduk yang terlalu lama apalagi bila dibarengi dengan penggunaan celana dalam yang ketat. Kebiasaan ini dapat mempengaruhi produksi serta kualitas dari sperma yang dihasilkan testis. Dan lama kelamaan apabila dibiarkan semakin parah akan membuat menjadi mandul. Ini adalah salah satu penyebab kemandulan yang sering diderita oleh pria terutama pada usia produktif.

Jadi banyak pria usia produktif yang karena pekerjaannya, sehingga kerjaan cuman duduk seharian di kursi, apalagi bila dia sering memakai celana dalam yang ketat, jadinya proses produksi sperma akan terganggu.

Begitu juga pada wanita yang sering menggunakan celana dalam ketat, pasti akan sering mengalami keputihan, bila tidak segera di obati maka keputihan ini dapat memicu terjadinya kanker leher rahim (ca cervix uteri) atau bisa juga mengakibatkan infertilitas atau kemandulan.

Bagaimana pencegahannya? untuk yang pekerjaannya lebih banyak duduk dikursi, sebaiknya melakukan senam ringan diantara pekerjaannya atau tiap 1 jam sehingga dapat membuat rileks organ-organ tubuhnya. Bahkan hanya sekedar bangkit dari tempat duduk dan berjalan sebentar sambil menggerakkan tangan serta kaki sudah menimbulkan efek rileks terhadap organ-organ lainnya.

Untuk pemilihan celana dalam sebaiknya pilihlah yang tidak terlalu ketat atau sempit dan bahannya terbuat dari katun yang relatif lebih dingin sehingga proses penguapan untuk kulit dan organ-organ didalamnya berlangsung lancar.

Comments

comments