Radang Tenggorok Bisa Ke Jantung

Jangan remehkan radang tenggorokan! Memang radang tenggorokan sering dianggap penyakit ringan dan sering dibiarkan saja. Banyak yang mempunyai anggapan bahwa radang tenggorok nanti juga sembuh sendiri. Padahal kenyataannya tidak semudah itu!

Kalau penyebabnya bakteri yang biasa saja, memang tidak terlalu bermasalah, tetapi jika penyebabnya “bakteri tertentu” dan dibiarkan saja maka akan bisa berdampak ke jantung!

Radang Tenggorok Bisa Ke Jantung

Bakteri yang bisa membuat radang jantung tersebut adalah streptococcus beta haemolyticus. Bila radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri ini, maka tubuh akan memberikan suatu reaksi yang disebut reaksi radang, dan reaksi peradangan yang disebabkan oleh bakteri ini disebut Demam Rematik.

Demam rematik ini akan timbul 4 sampai 6 minggu setelah infeksi tenggorok oleh bakteri streptococcus beta haemolyticus. Demam rematik akan berpotensi sampai ke jantung dan menimbulkan radang jantung (Karditis).

Biasanya yang sering terkena adalah anak-anak usia antara 5 sampai 15 tahun dan mempunyai status gizi yang kurang atau buruk serta sanitasi yang rendah.

Bagaimana gejalanya?

Gejala awalnya adalah demam yang muncul tiba-tiba dan sangat tinggi biasanya diatas 38 derajat celcius disertai keluhan nyeri sendi. Gejala ini bisa berlangsung selama 2 minggu.

Ada beberapa gejala yang memastikan demam rematik yaitu disebut gejala mayor, tetapi gejala ini masih tergantung pada bagian tubuh yang terkena radang. Gejala tersebut adalah :

1. Arthritis (radang sendi)

Sendi-sendi akan terasa nyeri dan ngilu tapi bisa juga nyeri sendi yang timbul sifatnya ringan. Biasanya yang sering terkena adalah sendi-sendi yang besar seperti sendi lutut dan sendi siku tetapi dapat juga berpindah ke sendi lain yang lebih kecil. Sendi yang terkena akan terlihat merah, bengkak, hangat / panas dan mungkin juga berisi cairan akibat radang. Nyeri sendi ini akan timbul silih berganti pada anak yang kurang istirahat atau tidak mendapatkan pengobatan anti radang.

2. Karditis (radang jantung)

Peradangan yang terjadi bisa mengenai atau terjadi di jantung dan menimbulkan gejala seperti jantung berdebar-debar (palpitasi) dan nyeri dada. Radang pada jantung ini bisa menghilang, tetapi secara bertahap dalam waktu sekitar 5 bulan. Apabila keradangannya memberat dapat menyebabkan kerusakan yang sifatnya permanen pada katup jantung. Katup jantung yang sering terkena adalah katup mitral (bicuspidalis) yaitu katup jantung yang menghubungkan antara atrium kiri dan ventrikel kiri jantung. Bila sampai terjadi kerusakan maka akan terjadi kebocoran (regurgitasi) dan atau penyempitan (stenosis) pada katup mitral tadi.

3. Chorea Sydenham

Terjadinya kedutan ditangan dan dikaki yang timbulnya diluar kesadaran. Gejala ini akan memberat dalam waktu sebulan. Sehingga anak akan menunjukkan munculnya gerakan kedutan yang cepat serta tidak bertujuan. Gerakan ini melibatkan semua otot dan akan menghilang waktu tidur. Gejala ini akan menghilang secara bertahap setelah 4 bulan tapi terkadang bisa berlangsung sampai 6 atau 8 bulan.

4. Erythema Marginatum

Kemerahan pada kulit yang biasanya timbul setelah gejala lain mulai menghilang. Biasanya bentuknya berupa bercak dan tidak menimbulkan gejala sama sekali. Bercak ini hanya timbul sebentar untuk kemudian menghilang.

5. Nodul Subkutan

Munculnya benjolan di bawah kulit dan biasanya gejala ini ditemukan bersamaan dengan karditis. Benjolan ini kecil bentuknya dan tidak nyeri sama sekali serta hilang sendiri nantinya.

Bagaimana penanggulangannya? baca di postingan selanjutnya.

Comments

comments