Perawatan Bayi Baru Lahir

Bila kita membicarakan tentang perawatan bayi baru lahir, maka hal ini berkaitan dengan masa perinatal. Masa ini adalah masa yang paling penting bagi bayi karena bila bayi sudah melewati masa ini, maka bisa dipastikan bahwa bayi ini dalam keadaan sehat. Menurut data yang ada, banyak bayi yang meninggal pada usia 0-12 bulan.

Beberapa keadaan yang perlu diperhatikan oleh orang tua bayi.

1. Hipoglikemia.

Ini adalah keadaan dimana kadar gula di dalam darah si bayi sangat rendah. Bila dalam keadaan ini biasanya bayi akan sering keluar keringat dingin, juga kelihatan lemas sekali dan yang membuat keadaan ini semakin memberat yaitu bayi akan menjadi malas minum. Bila keadaan ini dibiarkan terus maka akan timbul juga gejala lain seperti kejang dan yang paling berbahaya adalah bila sampai terjadi henti nafas. Bila terjadi kejang, kejang ini dapat menyebabkan kerusakan seluruh jaringan otak.

Perawatan Bayi Baru Lahir

Mengapa bisa timbul keadaan ini? Bayi bisa mengalami keadaan ini disebabkan karena bayi tidak mempunyai cadangan lemak yang cukup. Jadi waspadalah bila bayi mengalami keadaan seperti diatas ini, harus segera ditangani.

2. Hipotermia.

Ini adalah keadaan dimana suhu tubuh bayi turun atau suhu tubuhnya rendah. Keadaan ini sering dialami oleh bayi yang mempunyai berat badan waktu lahir rendah. Untuk menghindari suhu tubuh bayi turun ini, sebaiknya suhu kamar bayi harus hangat, sehingga bayi tidak mudah kedinginan. Biasanya bila bayi mengalami suhu tubuh agak turun (kedinginan), dia akan rewel dan menangis terus dan bila dibawa ke ruangan yang lebih hangat dia baru akan berhenti menangis.
Menurut data yang ada, bayi banyak mengalami kehilangan panas melalui kepala, jadi sebaiknya bayi selalu memakai topi atau tudung kepala agar penguapan panas melalui kepala dapat dikurangi, sehingga suhu tubuh si bayi dapat terus stabil.

Selain itu ibu diharapkan selalu mendekap bayinya dengan posisi tegak, yaitu diletakkan di dada ibu dan menyentuh kulit ibu sehingga ini dapat menimbulkan ikatan yang erat antara ibu dan bayi. Mendekap dengan cara ini disebut mendekap dengan metode kanguru. Caranya begini, kepala dan dada bayi diletakkan didada ibu dengan posisi kepala bayi agak sedikit mendongak, sedangkan posisi siku dan tungkai si bayi dalam keadaan tertekuk. Metode ini banyak dipakai sebagai pengganti inkubator untuk bayi dengan berat lahir rendah.

Comments

comments