Penyebab Telinga Tersumbat

Kadangkala kita pernah merasa telinga kita rasanya seperti tersumbat dan pendengaran jadi berkurang. Bila menderita seperti itu pasti kita merasa tidak nyaman, karena bila berbicara seperti didalam air atau rasanya kepala seperti penuh air. Dan yang lebih menyakitkan adalah bila naik pesawat, dimana gejala telinga tersumbat ini semakin terasa sakit sampai ke kepala bahkan rasanya kepala seperti mau pecahmarah .

penyebab telinga tersumbat

Keadaan ini disebut Oklusi Tuba atau Penyumbatan Tuba Eustachius. Saluran yang menghubungkan antara hidung dan telinga disebut Tuba Eustachius dan bila ini tersumbat maka akan terjadi keluhan seperti diatas. Saluran ini berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan yang ada didalam telinga dan tekanan yang berada diluar telinga. Pada keadaan dimana terjadi perbedaan tekanan (terutama saat naik pesawat), maka saluran ini akan membuka dan memudahkan udara masuk kedalam telinga sehingga tekanan akan kembali seimbang. Fungsi tuba ini akan terasa saat naik pesawat dan bila terjadi perubahan tekanan, maka kita akan langsung meresponnya dengan menelan ludah, karena dengan menelan ludah maka akan menyebabkan saluran tuba tadi membuka dan tekanan udara akan seimbang dengan masuknya udara ke dalam saluran tadi.

Ada beberapa orang yang mempunyai kelainan atau gangguan dalam tuba, sehingga akan sulit untuk menyeimbangkan tekanan tersebut. Akibatnya udara tidak bisa masuk kedalam telinga tengah dan telinga tengah akan menjadi vakum. Keadaan ini yang membuat tuba merespon dengan mempersempit ruangan pada telinga tengah untuk menyeimbangkan tekanan tadi. Cara tuba memperkecil ruangan ini adalah dengan menarik jaringan sekitarnya, sehingga akan muncul rasa nyeri luar biasa disekitar telinga sampai kepala pusing.

Selain pada orang dengan gangguan tuba tadi, pada orang dengan gejala flu berat atau mempunyai alergi berat (rhinitis alergi) juga akan kesulitan bila naik pesawat, karena saluran tuba tadi akan sulit membuka karena tersumbat. Karena itu banyak disarankan bagi yang lagi kena flu atau mempunyai rhinitis alergi kronis sebaiknya menunda perjalanan apabila hendak bepergian menggunakan pesawat.

Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan untuk anda yang mempunyai gangguan pada tuba atau mempunyai rhinitis alergi kronis (pilek terus menerus):

– Memakai obat tetes hidung yang bisa membuka saluran tuba (dekongestan). Caranya yaitu dengan meneteskan cairan itu 1 jam sebelum naik pesawat ke dalam hidung dan memiringkan kepala ke arah belakang agar cairan masuk kedalam tuba eustachius. Diharapkan saluran tuba ini akan membuka terus menerus. Apabila berada didalam pesawat dalam jangka waktu lama(>8jam) sebaiknya pemakaian cairan tadi diulang lagi didalam pesawat. Cara ini digunakan terutama bagi orang yang mempunyai gangguan pada saluran tuba.

– Untuk yang sedang flu atau sedang mengalami alergi berat dan akan naik pesawat, dapat dicoba melakukan beberapa kegiatan yang dapat membuka tuba yaitu dengan banyak menelan atau dengan menguap mengantuk . Cara mudahnya yaitu dengan mengulum permen, karena jika kita mengulum permen maka ludah akan keluar dan akan kita telan (jadi perbanyaklah membawa permen tersenyum lebar). Menguap akan menyebabkan udara keluar dari telingga sehingga tekanan didalam telinga akan tetap terjaga.

– Bagi anda yang jengkel karena telinga sering tersumbat akibat alergi kronis/keluar ingus terus di saluran pernafasan sehingga menyumbat saluran tuba. Dapat mencoba tips berikut: lakukan kompres hangat pada bagian belakang telinga yang tersumbat, caranya dengan memasukkan air hangat kedalam botol kemudian kompreslah bagian belakang telinga tersebut dengan botol tadi, lakukan sekitar 15-20 menit dan beberapa kali dalam sehari sampai telingga kembali normal. Atau bisa juga dengan cara lama yang menjadi trik bagi penyelam atau pilot untuk menyeimbangkan tekanan yaitu dengan memencet dan menutup hidung serta menutup mulut kemudian meniup udara dari paru-paru perlahan (valsava manuver).

Comments

comments