Penyebab Sinusitis

Penyebab sinusitis adalah adanya sumbatan didalam saluran yang menghubungkan antara hidung dengan rongga sinus. Sumbatan ini akan dapat menyebabkan terjadinya infeksi dalam rongga sinus yang disebut sinusitis. Salah satu penyebab sinusitis yang sering terjadi adalah adanya polip dalam rongga hidung. Polip ini akan mengakibatkan pilek terus menerus dan menyebabkan hidung jadi tersumbat yang akhirnya menjadi sinusitis bila tidak segera diobati. Polip sendiri sering diakibatkan oleh karena adanya alergi yang gejalanya juga bersin-bersin dan hidung berair atau mengeluarkan lendir terus menerus atau disebut rhinitis.

Bila sudah menjadi sinusitis maka diperlukan pengobatan atau terapi sampai tuntas, bila tidak diobati sampai tuntas maka dikhawatirkan bisa menimbulkan komplikasi penyakit lain. Salah satu komplikasi yang sering terjadi adalah congek atau radang pada telinga bagian tengah yang kronis (otitis media kronis). Yang menyebabkan telinga bagian tengah meradang adalah karena lendir dari sinus tadi masuk ke telinga. Biasanya congek akan disertai dengan peningkatan suhu badan dan gendang telinga akan menjadi merah.

Penyebab Sinusitis

Bila congek ini tidak segera diatasi, maka akan menimbulkan keadaan yang disebut tuli konduktif. Keadaan ini paling sering terjadi pada anak-anak karena jarak yang menghubungkan antara telinga dan hidung pada anak yang lebih pendek.

Komplikasi lebih berat yang bisa terjadi adalah Radang selaput otak atau meningitis. Ini disebabkan bila lendir yang berasal dari sinus tadi masuk atau mencapai selaput otak. Gejala yang timbul bila mengalami meningitis adalah demam tinggi yang disertai kejang-kejang sampai muntah. Ini adalah keadaan gawat yang perlu segera dirawat di rumah sakit.

Selain komplikasi diatas, penyakit sinusitis ini juga bisa mengakibatkan terjadinya infeksi pada saluran paru-paru (bronchus) yang disebut bronkitis. Komplikasi ini timbul karena lendir atau dahak yang berasal dari sinus tadi masuk sampai ke paru-paru.

Bila melihat perjalanan penyakit sinusitis yaitu dimulai dari alergi rhinitis (pilek karena alergi) yang akhirnya menimbulkan polip, kedua keadaan ini menimbulkan pembengkakan pada mukosa hidung dan juga terjadi produksi lendir yang kental dan akhirnya menimbulkan sumbatan pada saluran antara hidung dan sinus yang pada akhirnya akan menjadi sinusitis. Maka apabila anda mempunyai penyakit alergi/rhinitis alergi, sebaiknya harus menghindari alergen (sesuatu yang memicu terjadinya alergi). Zat-zat alergen itu biasanya debu rumah, udara yang lembab, serbuk bunga atau tungau yang berasal dari karpet atau lapisan kursi yang tidak bersih.

Comments

comments