Penyebab Saraf Terjepit Pada Nyeri Punggung

Nyeri punggung sudah pernah dibahas dalam postingan sebelumnya. Dan intinya tidak selalu nyeri punggung bawah atau LBP (Low Back Pain) disebabkan oleh saraf terjepit (urat kejepit). Karena 80% penyebabnya adalah nyeri otot. Dalam postingan kali ini saya akan membahas mengapa saraf bisa kejepit atau apa yang menyebabkan saraf jadi terjepit.

nukleus pulposus

Seperti sudah saya bahas bahwa tulang punggung kita ini memanjang mulai dari leher sampai ke pantat atau ekor. Dan tulang punggung ini terdiri atas ruas-ruas tulang belakang (vertebra) yang disela-selanya terdapat bantalan tulang rawan yang disebut Discus intervertebralis. Untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar diatas. Diskus ini terdiri dari bentukan atau lempeng yang terdiri dari tulang rawan yang disebut annulus fibrosus dan ditengahnya terdapat nucleus pulposus (lihat gambar). Dan yang terpenting disini adalah adanya saraf (spinal cord) yang terletak dibelakangnya.

Spinal cord atau saraf tulang belakang ini juga memanjang mulai dari leher sampai ke tulang ekor yang berada di bagian pantat. Jadi kita harus tahu bahwa di tulang belakang kita itu terdapat saraf-saraf penting yang mempunyai fungsi untuk mengontrol pergerakan tangan kaki dan lainnya. Jadi trauma atau cidera pada salah satu ruas dapat berpotensi menimbulkan gangguan pada saraf tulang belakang tadi.

disc problem

Pada beberapa keadaan akibat cidera punggung bawah atau sering memaksa tulang punggung dalam posisi yang tidak benar, nucleus pulposus yang berada ditengah tadi bisa keluar atau mengalami herniasi sehingga disebut Hernia Nucleus Pulposus (bisa dilihat pada gambar disamping – Herniated disc). Dan tonjolan keluar itu yang menekan posisi saraf yang berada dibelakangnya. Ini yang dapat menimbulkan keluhan nyeri punggung bawah yang terasa sampai ke pinggang dan cenderung menjalar ke bawah yaitu ke arah kaki.

Selain itu benjolan tadi juga menimbulkan gangguan pergerakan tulang belakang. Sehingga dapat menimbulkan keluhan tambahan seperti sakit kepala, vertigo, dll.

Pemberian obat pereda nyeri pada kasus seperti ini hanya meredakan gejala nyeri saja dan tidak mampu untuk mengoreksi penyebab sakitnya sendiri. Biasanya perlu suatu tindakan operasi untuk mengoreksi kelainan ini. Disamping HNP tadi terdapat juga beberapa penyebab nyeri punggung bawah seperti degenerative disc yang mengakibatkan spondylosis, juga penipisan diskus yang semuanya berpotensi untuk menekan saraf tulang belakang tadi.

Untuk memastikan penyebab pasti dari nyeri punggung bawah ini sebaiknya dilakukan foto rontgen jenis lumbosacral anteroposterior dan lateral. Sehingga bisa diketahui bagaimana kondisi tulang belakang maupun diskus intervertebralisnya.

Comments

comments