Penyebab Pusing Saat Hamil

Saat hamil sering kali ibu-ibu mengalami rasa pusing yang kuat dan membuat malas beraktivitas, mengapa bisa timbul pusing saat hamil? Memang saat hamil sering terjadi gangguan seperti itu. Hal ini disebabkan karena aliran darah ke otak yang tidak lancar dan ini disebabkan oleh karena peningkatan kadar hormon selama kehamilan. Selain itu aliran darah yang tidak lancar tadi juga disebabkan karena peningkatan aliran darah ke janin yang diperlukan oleh bayi. Jadi wajar saja bila ibu hamil sering mengalami pusing, sakit kepala, mual dan muntah.

pusing saat hamil

Keluhan ini bisa menjadi tambah berat apabila sebelumnya ibu ini juga mempunyai sakit maag yang tidak diobati. Sehingga tidak jarang keluhan pusing dan mual ini menjadi memberat. Keluhan ini sering timbul saat perut/lambung dalam keadaan kosong. Berikut ini akan dibahas tips ibu hamil dalam menghadapi pusing saat hamil.

1. Bila berdiri jangan terlalu lama.

Apabila memang terpaksa harus berdiri dalam jangka waktu yang agak lama, sebaiknya ibu hamil ini sering-sering menggerakkan kaki atau menggoyang-goyangkan kakinya. Gerakan ini bertujuan untuk memperbaiki sirkulasi darah sehingga aliran darah ke otak dapat lebih lancar.

2. Bila hendak berdiri sehabis duduk, lakukan dengan perlahan-lahan untuk mengurangi pusing yang dapat ditimbulkan.

3. Suhu tubuh harus dijaga. Hindari mandi dengan menggunakan air yang terlalu panas.

4. Jangan sampai perut kosong terlalu lama.

Apabila hendak bepergian yang agak lama, bawalah bekal makanan kecil seperti biskuit yang tidak terlalu manis atau bisa juga roti panggang, crackers, kentang ataupun ketela. Bila terasa lapar cepatlah mengonsumsi bekal tadi, prinsipnya sering-seringlah mengonsumsi makanan yang tidak terlalu besar porsinya seperti roti tadi. Kemudian dalam hal makanan yang dikonsumsi sebaiknya hindari makanan yang terlalu berlemak atau makanan yang banyak sekali mengandung bumbu apalagi yang pedas. Demikian juga dengan makanan yang asam sebaiknya dikurangi dulu.

Dengan pola makan seperti diatas maka selain dapat mengurangi keluhan pusing juga sangat baik bila mempunyai sakit maag. Apabila sering mabuk dalam perjalanan apalagi bila sedang hamil, cobalah mengonsumsi jahe (sekarang ada permen yang terbuat dari jahe) karena jahe ini dapat mengurangi rasa mual dan lagi aman bagi janin.

5. Kenakan pakaian yang agak longgar.

Jangan memakai pakaian yang terlalu ketat karena hal ini dapat mengganggu aliran darah pada ibu hamil sehingga malah akan menyebabkan pusing. Gunakan pakaian yang agak longgar dan usahakan juga udara disekelilingnya terasa segar.

6. Apabila masih merasa pusing bahkan disertai mual sampai muntah, segeralah konsultasi ke dokter.

Mengapa perlu konsultasi dengan dokter? karena perlu dicari faktor-faktor lain yang diduga menjadi penyebabnya. Faktor lain yang bisa juga menjadi penyebabnya antara lain posisi tidur yang telentang sehingga berat dari janin akan menekan pembuluh darah dan menyebabkan kelancaran aliran darah berkurang.

Selain itu adanya penyakit maag yang kronis juga dapat memperberat gejala ini apalagi bila disertai dengan adanya pikiran atau masalah kejiwaan yang semakin memperberat keluhan pusing serta mual ini. Bila demikian biasanya diperlukan obat medis untuk mengurangi gejala ini. Obat yang diperlukan adalah obat untuk mengurangi keluhan mual serta pusing contohnya yaitu mediamer B6 sedangkan obat maag yang cocok untuk ibu hamil adalah golongan antasida.

Comments

comments