Penyebab Nyeri Pada Sendi Jari Tangan

Apakah Anda pernah mengalami salah satu atau beberapa jari tangan Anda nyeri apabila dilipat dan susah dikembalikan lurus lagi karena nyeri? Bila sedang atau pernah mengalami seperti ini berarti Anda sedang terkena trigger finger atau flexor tendinitis. Banyak yang mengaitkan setiap nyeri sendi dengan penyakit asam urat padahal tidak demikian.

Penyebab Nyeri Pada Sendi Jari Tangan

Seperti kita ketahui tangan kita adalah anggota gerak kita yang paling utama karena tangan ini diperlukan untuk berbagai kegiatan seperti memegang sesuatu, menulis, bermain piano, mengangkat benda, dll. Dalam bergerak tangan kita memerlukan koordinasi yang baik antara otak kita yang memerintahkan suatu gerakan dengan otot-otot yang berada ditangan kita.

Perlu diketahui dalam suatu gerakan tangan contohnya gerakan menggenggam, ini akan melibatkan sebanyak 14 otot-otot yang berada di tangan kita. Dibagian tangan kita terdapat bagian yang menjadi penghubung antara otot-otot tadi dengan tulang-tulang jari tangan kita dan bagian itu disebut tendon. Tendon ini terdiri dari jaringan kolagen yang sifatnya elastis dan mempunyai banyak kandungan proteoglycan. Tendon ini berfungsi sebagai penyalur gaya dari otot ke tulang. Sehingga perintah dari otak yang dikirim ke otot-otot akan diteruskan oleh tendon ke tulang dan terjadilah gerakan.

Meskipun tendon ini terdiri dari jaringan kolagen yang elastis tetapi dia dapat juga mengalami kerusakan seperti robek, radang, atau mengalami penurunan fungsi akibat usia (degeneratif) atau penrurunan fungsi karena penggunaan/ aktivitas yang berlebihan.

Nah, yang dimaksud dengan trigger finger adalah proses peradangan yang terjadi pada tendon jari-jari tangan yang disebabkan karena aktivitas yang berlebihan contohnya gerakan berulang-ulang yang berlebihan atau bisa juga gerakan menggenggam kuat yang dilakukan dalam waktu lama.

Akibat radang yang terjadi tadi maka akan timbul cairan yang menumpuk disekitar sendi yang menyebabkan tendon jadi bengkak dan membentuk nodule (benjolan). Dan tendon yang bengkak tadi akan sulit untuk masuk kedalam selubung atau pembungkus tendon (lihat pada gambar) sehingga pada waktu gerakan melipat atau meluruskan jari tangan akan terjadi macet dan supaya gerakan tadi bisa lancar harus dibantu agar tendon yang bengkak tadi bisa masuk ke selubungnya. Kejadian seperti ini dapat terjadi pada kelima jari tangan.

Bagaimana bila menghadapi keadaan seperti ini?

Yang utama adalah harus mengistirahatkan jari-jari tangan terutama dari gerakan-gerakan seperti menggenggam karena nyeri dan keradangan yang timbul adalah akibat dari aktivitas dari sendi jari tangan yang berlebihan. Untuk meredakan radang dapat juga dibantu dengan melakukan kompres dengan air dingin pada sendi yang terkena.

Lakukan gerakan untuk menguatkan otot sendi jari tangan dengan melakukan penarikan otot ke arah yang berlawanan dari gerakan otot. Gerakan ini adalah gerakan stretching.

Bila dengan langkah-langkah diatas masih belum reda maka diperlukan tambahan obat anti nyeri golongan NSAID (Non Steroid Anti Inflamation Drugs) untuk meredakan nyerinya, hati-hati bila meminum obat ini pada penderita maag, harus diminum saat sesudah makan. Apabila masih tidak sembuh perlu dilakukan pengobatan tambahan dengan menggunakan laser.

Dan langkah terakhir yang bisa dilakukan bila masih belum sembuh juga yaitu dengan bantuan proses operasi. Langkah terakhir ini agak jarang dilakukan karena dengan hanya bantuan diistirahatkan saja sudah banyak yang mengalami kesembuhan.

Comments

comments