Penanggulangan Demam Rematik

Pada postingan tentang radang tenggorok bisa kena jantung, sudah dijelaskan tentang bahayanya radang tenggorok yang disebabkan oleh bakteri streptococcus beta haemolyticus.

Sekarang bagaimana penanggulangannya?

Seperti sudah dijelaskan bahwa penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak yang berusia 5 sampai 15 tahun. Jadi yang harus waspada tepatnya para orang tua yang mempunyai anak dengan usia tersebut apabila anaknya sedang menderita radang tenggorokan. Sebetulnya demam rematik ini dapat disembuhkan atau diobati tetapi ada syaratnya yaitu jangan terlambat. Bukankah segala sesuatu yang terlambat pasti hasilnya tidak baik?

penanggulangan demam rematik

Nah, apabila anak sedang menderita radang tenggorok sudah seharusnya orangtua lekas mengobatinya dan jangan meremehkannya, apalagi bila yang menyerang itu bakteri seperti diatas itu. Bila diobati dengan segera pasti bakteri itu akan mati dan reaksi radang yang timbul akibat adanya infeksi bakteri tersebut tidak sampai menimbulkan kecacatan pada organ penting tubuh seperti jantung.

Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah segera mengobati radang tenggorok tersebut sehingga anak segera cepat sembuh dan juga harus dijaga jangan sampai kambuh lagi! Langkah berikutnya adalah dengan mengurangi gejala peradangan yang timbul terutama pada sendi dan jantung dengan membatasi pergerakan atau aktivitas fisik anak tadi sehingga tidak memperburuk proses peradangan yang timbul.

Bila anak positif menderita infeksi tenggorokan yang disebabkan oleh streptococcus beta haemolyticus biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik penisilin selama 10 hari.

Selain obat diatas juga akan diberikan obat yang kerjanya menekan reaksi radang yang timbul, ini diberikan selama 3 jam. Apabila infeksinya ringan maka pengobatan selama 10 hari sudah cukup. Pada beberapa kasus dengan rasa nyeri yang kuat diperlukan obat pengurang rasa nyeri yang kuat seperti golongan codein. Misalnya radang sudah mengenai jantung maka diperlukan tambahan obat golongan kortikosteroid untuk mencegah keradangan bertambah parah sehingga dapat mencegah kecacatan pada katup jantung.

Selain pengobatan diatas, penderita juga harus istirahat total dan aktivitasnya sangat dibatasi, ini bertujuan untuk menghindari stress pada sendi yang terkena radang.

Pada anak-anak yang sudah mengalami kerusakan atau kecacatan pada katup jantungnya, apabila hendak menjalani pembedahan seperti pencabutan gigi dll, harus minum antibiotik dulu sebelumnya. Dan yang terpenting adalah menjaga status gizi anak. Karena dengan meningkatnya status gizi anak kemungkinan untuk terkena infeksi akan semakin berkurang.

Comments

comments