Pemeriksaan untuk Penyakit Maag

Pernahkah anda merasakan nyeri seperti ditusuk tusuk pada bagian ulu hati, disertai rasa mual, perih, kembung dan ditambah dengan kepala merasa pusing?

Apabila anda mempunyai gejala seperti diatas, kemungkinan besar anda menderita penyakit maag (Gastritis). Sebelumnya coba di cross check dulu, apakah anda mempunyai pola makan yang tidak teratur? kadang sehari bisa makan 3 kali kadang saking sibuknya nggak sempat makan anda cuma makan sekali sehari, trus apakah anda suka makanan jenis pedas pedas seperti cabe atau sambal, atau apakah anda juga suka mengkonsumsi makanan yang rasanya asam seperti asinan dll?

Apabila jawabannya ya, berarti anda kemungkinan besar menderita penyakit maag. Bila anda mempunyai gejala seperti diatas, tetapi tidak mempunyai pola makan yang seperti disebutkan diatas (suka makan tidak teratur, suka makan pedas, suka makan asam) bisa juga anda menderita penyakit maag, karena selain pola makan yang tidak teratur seperti disebutkan diatas, penyakit maag juga bisa disebabkan oleh adanya tekanan berupa pikiran yang berat atau adanya stress.

Tetapi apabila anda masih ragu ragu, lebih baik anda melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah anda benar benar terkena penyakit maag, pemeriksaan tersebut disebut OMD atau bisa juga dengan Endoscopy.

Apakah pemeriksaan OMD itu?

OMD (Oesophagus Maag Duodenum) adalah pemeriksaan radiologis dengan memakai media contras untuk memeriksa kelainan atau defek pada lambung, oesophagus dan duodenum. Jadi dengan pemeriksaan OMD ini, bisa dipastikan apakah anda benar benar menderita penyakit maag atau bukan.

Comments

comments