Pantangan Asam Urat

Pada postingan tentang gejala asam urat sudah dibahas mengenai asam urat beserta gejalanya, kali ini saya akan membahas mengenai apa saja makanan pantangan untuk penderita asam urat.

Hal ini perlu sekali diketahui karena munculnya banyak opini di masyarakat yang hampir seluruhnya tidak benar sehingga tidak membantu malah menyebabkan salah persepsi dan susahnya yang seperti ini paling sering dianut oleh masyarakat.

Seperti sudah dijelaskan pada postingan tentang gejala asam urat bahwa kadar normal asam urat berbeda untuk wanita dan pria, untuk wanita nilai normalnya = 2,4 – 6 mg/dl sedangkan untuk pria nilai normalnya = 3,4 – 7 mg/dl.

Berikut pantangan makanan bagi penderita asam urat, intinya adalah makanan yang mempunyai kadar purin tinggi.

pantangan asam urat

1. Golongan kacang kacangan: kacang tanah, kacang kedelai termasuk tempe, oncom, tauco serta susu kedelai, kacang hijau, emping melinjo dan tauge/kecambah.

2. Golongan Seafood: ikan laut, udang, cumi-cumi, kepiting, kerang, lobster, tiram, dll.

3. Golongan jeroan: hati, rempela, usus, babat, limpa, ginjal, paru, otak.

4. Golongan makanan olahan/ makanan kalengan: Sarden, abon, dendeng, kornet, dll.

5. Golongan bebek, angsa, atau ayam kalkun.

6. Golongan sayuran: kol, bayam, buncis, daun pepaya, daun singkong, asparagus.

7. Makanan yang berkaldu (berkuah daging yang kental) atau bersantan, keju, telur dan krim.

8. Buah seperti durian, nenas.

Perlu diketahui juga bahwa sendi-sendi yang diserang oleh asam urat adalah jari-jari kaki (terutama ibu jari kaki), lutut (dengkul), tumit, jari tangan, pergelangan tangan dan siku. Biasanya yang paling sering terkena adalah pria berumur diatas 40 tahun atau wanita yang sudah mengalami menopause dan mayoritas dari mereka adalah mengalami kegemukan/ obesitas. Asam urat ini bila dibiarkan saja tanpa ditangani secara tepat maka akan berkembang menjadi batu ginjal dan lama kelamaan akan bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal. Mengenai bagaimana penanganan asam urat akan dibahas dipostingan yang lain.

Comments

comments