Mewaspadai Serangan Jantung

Jantung adalah organ manusia yang paling vital karena mempunyai fungsi yang paling penting. Yaitu memompa darah ke seluruh tubuh. Karena itu penyakit jantung tidak bisa disepelekan terutama penyakit jantung koroner, karena bila terlambat sedikit bisa berbahaya. Sering kali kita mendengar ada artis atau orang terkenal yang meninggal mendadak karena penyakit jantung dalam usia yang sangat muda, karena itu penting untuk kita mewaspadai dan mencegah penyakit jantung koroner ini. Karena penyakit ini masih menjadi penyakit tertinggi yang menyebabkan kematian.

Sebetulnya ada beberapa penyakit yang bisa mengenai jantung, salah satunya sudah pernah dibahas di postingan ini. Kali ini akan dibahas tentang serangan jantung. Seringkali kita mendengar tentang penyakit ini yaitu serangan jantung dan penyakit ini juga yang mengakibatkan aktor terkenal Indonesia Adjie Massaid meninggal dunia pada usia yang masih sangat muda yaitu 43 tahun. Begitu juga dengan presenter olah raga Ricki Jo yang meninggal dengan sakit yang sama.

mewaspadai serangan jantung

Gejala serangan jantung yang timbul adalah rasa nyeri pada dada sebelah kiri dan menjalar sampai ke lengan kiri atau bisa juga menjalar sampai dagu sebelah kiri, sifat nyerinya berbeda dengan nyeri-nyeri yang lain yaitu serasa ditindih beban yang sangat berat. Mengenai gejala serangan jantung selengkapnya beserta pertolongan cepat yang harus diberikan akan dibahas pada postingan khusus.

Bagaimana kita mewaspadai serangan jantung dan mencegahnya datang pada kita?

Serangan jantung terjadi akibat penyakit jantung koroner dan ini yang paling sering terjadi. Angka prevalensi timbulnya penyakit jantung koroner ini berbeda antara pria dan wanita. Bila pada pria, penyakit ini bisa terjadi atau timbul pada usia yang sangat muda yaitu diatas usia 25 thn, sedangkan pada wanita paling sering terjadi pada usia diatas 50 thn yaitu pada saat setelah mengalami menopause.

Perlu diketahui juga tentang berbahayanya penyakit ini yaitu angka kematian pada satu jam pertama setelah serangan cukup tinggi, yaitu mencapai 90 persen, jadi hampir 90 persen penderita meninggal sebelum satu jam saat mendapat serangan jantung ini. Melihat sangat berbahayanya penyakit ini, maka kita wajib mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner ini.

Faktor-faktor yang meningkatkan resiko terkena serangan jantung ini tergantung pada beberapa elemen yaitu :

Usia.

Usia atau umur memegang peranan penting, berdasarkan penelitian bahwa usia yang rawan untuk terkena penyakit ini adalah diatas 40 thn, tetapi mengingat pada jaman sekarang ini sudah banyak terjadi perubahan pola hidup maka usia ini sudah tidak lagi menjadi patokan yang penting karena sudah mulai bergeser menjadi lebih muda.

Jenis kelamin.

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa pria lebih rentan untuk terkena serangan ini dan juga usia terkenanya semakin muda yaitu diatas 25 thn.

Riwayat keluarga dengan penyakit jantung.

Hal ini adalah sesuatu yang tidak dapat ditolak. Penelitian menyebutkan bahwa serangan jantung lebih banyak menyerang seseorang dimana keluarganya mempunyai riwayat penyakit jantung, jadi bila ada anggota keluarga besar anda yang pernah mengalami penyakit ini, maka anda sudah seharusnya mewaspadai penyakit ini lebih dini.

Obesitas / kegemukan dan Kolesterol tinggi.

Pada orang-orang dengan keadaan obesitas atau kegemukan sudah pasti akan terjadi peningkatan kadar lemak dalam tubuh (kolesterol tinggi) terutama dalam dinding pembuluh darah dan ini semakin berbahaya apabila terjadi pada pembuluh darah koroner yang mengalirkan darah untuk jantung (ibaratnya memberi makan/nutrisi untuk jantung). Karena akan terjadi penumpukan pada dinding pembuluh darah dan membentuk plaque. Lama kelamaan plaque ini akan semakin tebal bila kadar kolesterol tetap tinggi dan ini akan menyumbat / menghambat aliran darah menuju jantung. Kenapa berbahaya? karena arteri koroner adalah satu-satunya pembuluh darah yang memberi aliran darah pada jantung. Bila sampai tersumbat maka otot jantung yang perlu sekali aliran darah akan mengalami infark (kematian otot jantung).

Kebiasaan merokok dan kurang olahraga.

Sudah tidak disangsikan lagi bahwa rata2 penderita penyakit ini adalah perokok, jadi bila anda perokok sebaiknya segera hentikan dan tingkatkan kebugaran tubuh anda dengan memperbanyak olah raga.

Mempunyai penyakit Hipertensi dan Diabetes melitus.

Bila anda mempunyai penyakit seperti diatas, tidak perlu cemas karena penyakit ini dapat dikontrol asal anda tahu caranya, salah satunya adalah meminum obat secara teratur dan rajin kontrol ke dokter anda secara periodik untuk memastikan bahwa penyakit ini tetap dalam dalam keadaan terkontrol. Sehingga penyakit serangan jantung tidak menghampiri anda.

Bagaimana cara mencegah semua faktor-faktor resiko diatas?

Usahakan sejak dini untuk menjaga kesehatan anda, ingat bahwa kesehatan adalah nomor satu, tidak ada artinya anda mempunyai harta banyak apabila anda jatuh sakit. Caranya yaitu apabila makan, usahakan makan dengan gizi yang seimbang, jangan hanya makan daging melulu tanpa makan sayur-sayuran. Hindari kebiasaan buruk seperti tidur larut malam dan kebiasaan merokok, karena hal ini membuat jantung anda tidak sehat. Hindari juga stress yang membuat tubuh anda mudah sakit, segeralah selesaikan masalah anda sebelum anda pergi tidur karena masalah yang berlarut-larut akan membuat tidur anda tidak berkualitas dan akhirnya menyebabkan berbagai penyakit dan salah satunya penyakit jantung. Olah raga lah secara rutin seminggu 3-4 kali dan minimal selama 1/2 jam, bisa dengan jogging atau jalan cepat, atau yang paling baik dengan berenang. Yang paling akhir dan paling penting adalah selalu dekat dengan Tuhan karena Dia lah yang menentukan hidup kita, manusia boleh berusaha tetapi Tuhanlah yang menentukan semuanya.

Comments

comments