Mengetahui Penyebab Nyeri Punggung

Nyeri punggung adalah keluhan yang paling sering dialami oleh manula atau pada orang-orang yang berusia lanjut. Biasanya nyeri yang timbul sifatnya terasa panas atau seperti terbakar! Banyak yang mengira bahwa keadaan ini disebabkan oleh karena adanya urat yang kejepit. Padahal nyeri pada punggung ini tidak selalu disebabkan oleh urat yang kejepit bahkan mayoritas atau sekitar 85% disebabkan oleh nyeri otot. Mari kita lihat dulu sekilas tentang tulang punggung kita.

Tulang punggung kita terdiri atas 33 ruas tulang yang memanjang dimulai dari bawah kepala atau tengkuk sampai ke bagian pantat atau ekor. Diantara ruas tulang punggung ini terdapat bantalan tulang rawan yang disebut diskus intervertebralis yang jumlahnya 23 buah.

mengetahui penyebab nyeri punggung

Fungsi tulang punggung kita adalah mempertahankan tubuh kita agar selalu dalam posisi yang tegak alias sebagai penyangga tubuh. Selain fungsi ini tulang punggung juga merupakan tempat melekatnya otot-otot yang berada disekitar punggung. Disamping itu tulang punggung juga berfungsi untuk melindungi saraf yang berada di dalamnya.

Diskus intervertebralis mempunyai fungsi sebagai bantalan atau absorber shock yang dapat mengurangi beban dari atas ke bawah. Disamping itu diskus ini juga mempunyai fungsi untuk menggerakan tulang belakang secara bersama-sama saat tubuh bergerak kesamping, ke muka atau ke belakang.

Salah satu penyebab nyeri punggung adalah faktor fisik, misalnya memaksa untuk mengangkat benda berat dengan posisi membungkuk. Disamping itu pada usia lanjut pasti muncul yang namanya proses penuaan (degeneratif) sehingga terjadi penurunan fungsi semua organ tidak terkecuali tulang dan otot.

Pada proses degenerasi, tulang akan mengalami penurunan massa tulang, sedangkan pada sendi akan terjadi penipisan serta permukaan rawan sendi berubah menjadi kasar. Faktor-faktor ini yang berpotensi menjadi penyebab nyeri punggung.
Jadi nyeri pada punggung tidak selalu disebabkan oleh saraf yang kejepit.

Penyebab lain yang sering terjadi adalah sprain pada ligamen tulang belakang atau tertariknya jaringan ikat yang terdapat pada tulang belakang, ini bisa terjadi akibat terlalu dipaksakan suatu gerakan. Apabila masih diteruskan akan terjadi trauma ligamen.

Penanganan yang benar pada saat awal terjadinya adalah dengan melakukan kompres dingin dibantu dengan istirahat serta tambahan obat anti nyeri (perlu hati hati juga dalam meminum obat anti nyeri apabila mempunyai riwayat sakit maag), jangan melakukan pemijatan yang malah akan mengakibatkan keradangan membesar. Apabila dengan istirahat, kompres dingin dan obat2an masih tidak ada perubahan, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan X ray untuk mengetahui penyebab yang lain.

Comments

comments