Mengapa Sakit Maag Lama Sembuhnya?

Seringkali seseorang yang sedang menderita penyakit maag (gastritis) merasa jengkel kenapa sakit maagnya tidak kunjung sembuh padahal dia sudah mentaati semua pantangan makanan yang dilarang. Kemudian dia sudah berulang kali kembali ke dokter langganannya dan masih belum sembuh juga. Hal ini sering kali dialami oleh banyak penderita sakit maag.

Mengapa bisa demikian?

Perlu diketahui dulu bahwa penyakit maag (gastritis/ radang lambung) disebabkan oleh beberapa hal. Ini yang sering tidak disadari oleh penderita. Yang pertama adalah Maag yang bersifat fungsional dimana lambung tetap dalam keadaan baik tetapi fungsinya aja yang terganggu.  Ini merupakan keadaan yang paling sering diderita. Penyebabnya adalah pola hidup yang tidak teratur, yaitu sering merasa cemas atau stress berlebihan dan mempunyai pola makan yang salah.

Yang kedua adalah Maag yang organik, dimana lambung dalam keadaan terinfeksi, bisa oleh bakteri, virus atau jamur. Yang paling sering adalah infeksi oleh bakteri atau kuman Helicobacter Pylori.

Untuk memastikannya diperlukan pemahaman yang benar mengenai gejala yang timbul juga perlu dilakukan pemeriksaan penunjang tambahan seperti endoscopy atau bisa juga dengan OMD.

Pengobatan yang diberikan meliputi : Golongan antasida, Golongan antagonis reseptor H2 ,  dan Golongan PPI , tetapi bila ternyata didapatkan infeksi oleh kuman Helicobacter Pylori maka diperlukan tambahan golongan antibiotik untuk membasmi kuman tersebut biasanya yang dipakai adalah amoksicilin dan metronidazole, atau yang terbaru bisa juga dengan antibiotik levofloxacin.

Jadi penyebab penyakit maag memang beragam, apabila anda menderita sakit maag dan lama tidak kunjung sembuh, coba di koreksi dulu apakah pola makan dan pola hidup anda sudah benar kemudian apabila sudah benar, perlu diperiksa secara teliti apakah ada infeksi kuman Helicobacter Pylori.

Berikut pola makan atau pola hidup yang benar agar terhindar atau terbebas dari penyakit maag:

1. Hindari makanan yang pedas dan asam. Ada beberapa makanan atau minuman yang tidak disadari termasuk golongan ini antara lain buah mangga, buah jeruk, buah nangka, coklat, alkohol, kopi, teh pekat.

2. Hindari Stress atau cemas yang berlebihan.

3. Hindari minum obat anti nyeri sembarangan, karena banyak obat anti nyeri yang mempunyai efek samping gangguan lambung.

4. Jangan merokok

5. Makanlah secara teratur, lebih baik porsi kecil tapi dengan frekuensi 4-5 kali dalam sehari.

6. Rajinlah berolah raga, serta pilihlah makanan yang bergizi dan berserat tinggi

 

Comments

comments