Makanan Untuk Mencegah Stroke

Banyak sekali orang yang menderita Stroke, biasanya ini disebabkan oleh karena pola hidup yang tidak teratur atau tidak dijaga. Sehingga timbul beberapa penyakit yang menimbulkan stroke seperti kencing manis ( Diabetes Melitus), darah tinggi ( Hipertensi), kolesterol tinggi (Dyslipidemia).

Semua penyakit diatas akan menyebabkan gangguan pada pembuluh darah dan gangguan aliran darah yang menuju ke otak, sehingga akan menimbulkan stroke. Dan sumber penyebab utama adalah makanan. Apabila kita bisa menjaga pola hidup dengan mengatur jenis makanan yang kita makan, maka kita akan terhindar dari beberapa penyakit diatas.

Makanan yang paling direkomendasikan untuk menjaga kesehatan adalah ikan, menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa ikan mempunyai banyak kandungan Omega 3. Tetapi jangan lupa perhatikan juga cara menyajikannya, memang lebih terasa lezat apabila ikan itu disajikan dengan cara digoreng dan dicampur dengan berbagai macam bumbu. Tapi lebih baik Ikan yang diolah dengan cara direbus atau dipanggang dibandingkan dengan ikan yang digoreng. Bahkan menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa jenis makanan ikan rebus ini dapat mencegah penyakit stroke.

Untuk mempertahankan kandungan omega 3, ikan rebus masih lebih baik daripada jika dipanggang atau dibakar. Omega 3 ini baik untuk kesehatan pembuluh darah serta dapat juga mencegah proses keradangan. Sehingga pembuluh darah akan tetap sehat dan stroke dapat dicegah atau resiko untuk terjadinya stroke menurun.

Menurut penelitian itu juga disebutkan apabila ikan itu disajikan dengan cara digoreng dicampur dengan berbagai macam bumbu akan mempertinggi kemungkinan terjadinya stroke, berarti tidak hanya ikan saja tetapi semua makanan yang digoreng juga meningkatkan resiko stroke, jadi ikan bagus untuk mencegah stroke tetapi harus disajikan dengan direbus atau paling tidak dipanggang atau dibakar.  Kemudian jenis ikan yang sering dikonsumsi adalah ikan laut jenis mackerel, salmon dan tuna. Jadi apabila anda atau ada keluarga anda yang beresiko menderita stroke kurangilah makanan yang berminyak atau diolah dengan memakai minyak. Disamping mencegah stroke, makanan yang direbus sangat bagus juga bagi kadar kolesterol kita.




>> Suka Dengan Info Kesehatan Di Blog Ini? Dapatkan Update Kolom Kesehatan Di Facebook Anda Dengan Memberi LIKE pada Kolom Kesehatan on Facebook <<


Comments

comments

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better