Makanan Sehat Untuk Jantung

Penyakit jantung yang paling berbahaya adalah penyakit jantung koroner, yang dapat mengakibatkan serangan jantung mendadak dan bisa berakibat fatal. Siapa saja yang beresiko tinggi terkena serangan jantung ini? terutama mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan serangan jantung. Untuk lebih lengkapnya bisa membaca artikel tentang mewaspadai serangan jantung.

Di artikel itu juga telah dijelaskan bagaimana cara mencegah timbulnya serangan jantung ini yaitu dengan menjaga kesehatan kita. Diantaranya dengan menjaga makan, harus pintar memilih makanan yang sehat dan tidak mengakibatkan pengaruh buruk untuk kesehatan terutama kesehatan jantung. Bagaimana cara memilih makanan yang sehat untuk jantung? Berikut ini adalah tips untuk memilih makanan yang sehat untuk jantung.

Makanan Sehat Untuk Jantung

Pilih makanan yang bergizi dan sesuai kebutuhan

Carilah makanan yang mempunyai kandungan gizi tinggi tetapi juga harus diingat jangan makan dengan jumlah yang berlebihan. Ingat pedoman “berhentilah makan sebelum kenyang”. Untuk mengetahui jumlah kebutuhan makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita, bisa dengan melihat indikator berat badan. Apabila dengan jumlah makanan sehari-hari yang tetap ternyata berat badan semakin naik, berarti pola dan tipe makanan seperti itu tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh. Harus diganti dengan menu lain dengan jumlah yang lebih sedikit. Intinya pertahankan berat badan ideal dengan menjaga makan, jangan sampai kegemukan atau obesitas.

Kurangi nasi atau yang sejenisnya

Nasi adalah makanan pokok kita, makanan pokok ini diperlukan sebagai sumber energi bagi tubuh kita. Konsumsi nasi yang berlebihan sangat tidak baik bagi tubuh karena kelebihan kalori yang ada akan disimpan oleh tubuh kita berupa cadangan lemak. Pusat tempat penyimpanan cadangan lemak kita adalah diperut. Jadi apabila Anda merasa lingkar perut semakin besar dengan tanda-tanda celana semakin sempit, kurangilah konsumsi nasi. Rata-rata konsumsi nasi yang normal per hari adalah sekitar 400-500 gram. Dan ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori dalam sehari.

Konsumsi lauk pauk secukupnya

Lauk jenis daging atau ikan sebaiknya tidak lebih dari 225 gram sehari. Kemudian untuk telur, sebaiknya jangan lebih dari 3 butir telur dalam seminggu.

Gunakan minyak yang baik untuk kesehatan

Bila diperlukan, gunakan minyak yang mengandung asam lemak jenuh tunggal secukupnya. Contohnya minyak wijen, kelapa sawit, minyak zaitun dan canola. Atau bisa juga memilih minyak yang mengandung asam lemak jenuh ganda contohnya kedelai, minyak jagung, bunga matahari serta kacang tanah.

Kurangi makanan yang berlemak

Biasa makanan jenis ini rasanya lebih enak dibandingkan makanan lain tetapi bila Anda sayang jantung Anda, sebaiknya batasi atau kurangi jenis makanan seperti ini. Contohnya makanan laut/ seafood yang mengandung lemak tinggi seperti udang, lobster, cumi-cumi, kepiting, rajungan atau kerang-kerangan, juga susu beserta produk hasil olahannya, juga makanan seperti kuning telur, otak, jeroan, sumsum, ataupun makanan olahan yang dikalengkan seperti corned, sarden, tuna, dll.

Pilih makanan yang mengandung vitamin tinggi

Dalam memilih makanan carilah yang mengandung vitamin tinggi serta usahakan juga banyak mengandung mineral dan kaya akan serat. Makanan yang seperti ini biasanya adalah jenis sayur-sayuran dan buah-buahan.

Pilih makanan yang kaya akan antioksidan

Dalam memilih makanan dan minuman usahakan juga untuk mencari makanan yang kaya atau banyak mengandung antioksidan. Kenapa harus memilih yang kaya antioksidan? karena antioksidan ini sangat diperlukan untuk menangkal radikal bebas dan bahan radikal bebas ini sering terdapat dari makanan yang sering kita makan terutama makanan yang berbahan kimia. Radikal bebas ini dapat merusak sel-sel jaringan atau organ-organ kita termasuk jantung kita, selain itu juga berpotensi untuk membuat sel normal tumbuh menjadi sel-sel kanker. Karena itu sangat berbahaya bagi tubuh kita. Makanan alami apa saja yang banyak mengandung antioksidan? contohnya apel, teh bunga rosela, jeruk, wortel, tomat, cuka apel, dll.

Kurangi konsumsi gula dan garam

Seperti sudah diketahui bahwa makanan yang manis cenderung untuk membuat tubuh jadi gemuk karena kelebihan kalori yang didapat akan disimpan jadi cadangan lemak. Demikian juga dengan makanan asin yang mengandung garam berpotensi untuk meningkatkan tekanan darah dan dapat mempengaruhi jantung pada akhirnya.

Hindari minum alkohol

Kurangi makanan siap saji

Makanan siap saji/ fast food sangat tidak baik untuk kesehatan jantung demikian juga makanan dalam bentuk kemasan yang siap saji atau siap dimakan. Carilah makanan yang alami serta aman untuk kesehatan kita. Contoh makanan seperti ini adalah makanan yang berbahan dasar organik, dengan mengonsumsi makanan organik ini maka pengaruh efek negatif karena makanan yang mengandung bahan kimia akan semakin minimal.

Comments

comments