Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Jika seorang ibu mengetahui bahwa dirinya positif hamil pasti senang bukan kepalang. Senang karena sebentar lagi akan ada warga baru didalam keluarganya dan keluarga akan makin lengkap dengan hadirnya seorang anak. Tetapi disini ibu hamil ini perlu hati-hati dalam menjaga kehamilannya terutama dalam hal makanan, karena sekarang ibu ini sudah berbadan dua, ya selain dirinya sendiri juga ada bayi yang berada dalam kandungannya.

makanan sehat untuk ibu hamil

Jangan makan terlalu berlebihan apalagi bila masih mempercayai mitos kuno bahwa ibu hamil harus makan sebanyak 2 kali lipat karena yang makan “2 orang”. Mitos ini salah, yang benar adalah makanlah dua kali lebih bergizi daripada biasanya, biar pertumbuhan bayi yang ada dalam perut lebih terjamin.

Bila membicarakan tentang makanan sehat untuk ibu hamil, maka ada 2 makanan yang harus dibahas yaitu makanan yang harus lebih banyak dimakan/ makanan anjuran untuk ibu hamil dan makanan pantangan yang tidak boleh dimakan.

Makanan yang dipantang:

1. Makanan yang setengah matang atau mentah.

Makanan seperti diatas sangat berpotensi untuk tercemar kuman / parasit karena dalam prosesnya tidak direbus/diolah sampai masak (jadi bila ada kuman/parasit yang bersarang akan tetap hidup) sehingga bila dikonsumsi ibu hamil akan sangat membahayakan perkembangan janinnya. Beberapa kuman atau parasit yang membahayakan untuk kehamilan antara lain toksoplasma, listeria, salmonella serta e coli. Jadi prinsipnya semua makanan olahan seperti daging sapi, sosis, burger, unggas, ikan, telur, sushi, susu pasteurisasi, keju keras (bukan keju lunak yg masih mentah) dan salad boleh dimakan asalkan semuanya bisa dipastikan dalam keadaan matang!

2. Kafein.

Minuman yang mengandung kafein dapat menembus plasenta, terutama dalam jumlah yang berlebihan. Menurut beberapa penelitian disebutkan bahwa minum kafein secara berlebihan dapat menyebabkan BBLR (berat badan bayi lahir rendah) dan yang lebih berat dapat menyebabkan keguguran atau meninggalnya janin. Meskipun dilaporkan bahwa meminum kafein dalam jumlah sedikit masih aman, sebaiknya para ibu hamil tidak mengonsumsinya.

3. Teh Herbal.

Beberapa teh yang terbuat dari bahan herbal dilaporkan dapat menyebabkan kontraksi pada usus dan janin, jadi hati-hati juga dalam meminum teh herbal, kecuali teh biasa yang sering dikonsumsi sehari-hari.

Makanan sehat untuk ibu hamil:

1. Daging tanpa lemak.

Seperti sudah diketahui bahwa daging adalah makanan yang paling baik untuk ibu hamil karena ia adalah sumber protein tinggi, jadi sangat baik untuk perkembangan janin. Tapi perlu diperhatikan, bahwa daging ini tidak termasuk daging merah yang banyak mengandung lemak. Dan juga selalu perhatikan proses mengolahnya, pastikan bahwa daging ini dalam kondisi matang.

2. Telur.

Janin sangat membutuhkan banyak protein dalam perkembangannya, jadi selain suplai protein dari daging, juga sangat baik bila ditambahkan telur sebagai makanan sumber protein. Telur sangat bagus karena banyak sekali manfaat serta kandungannya. Selain mengandung banyak protein, telur juga banyak mengandung vitamin serta mineral yang sangat membantu sekali untuk kebutuhan perkembangan janin. Apalagi bila telurnya mengandung lemak omega 3, ini akan sangat baik untuk perkembangan otak si bayi.

Yang perlu diperhatikan adalah telur juga mengandung kolesterol, jadi jangan terlalu banyak mengonsumsinya. Pada ibu hamil dengan kadar kolesterol dalam darah normal, konsumsi telur sebanyak 1-2 biji sehari masih bagus untuk perkembangan janinnya.

3. Salmon.

Salmon adalah ikan yang kebanyakan hidup di laut yang dalam dan terkenal dengan kandungannya yang kaya akan protein serta lemak omega 3. Jadi ikan ini sangat disarankan pada ibu hamil, tetapi karena kebanyakan ikan laut ini mengandung merkuri dan ini dapat membahayakan bagi perkembangan sistem saraf bayi (dapat menyebabkan minamata disease), maka jangan mengonsumsi terlalu banyak, setidaknya cukup 12 ons dalam seminggu.

4. Kacang-kacangan, buah-buahan serta sayuran.

Kacang buncis paling baik untuk ibu hamil dari semua golongan kacang sayuran, karena kandungan proteinnya yang tinggi dan juga kandungan seratnya yang banyak. Dengan kandungan seratnya ini, maka buncis sangat baik untuk kehamilan dimana pencernaan akan melambat dan ibu hamil rentan mengalami sembelit.

Biji gandum sangat baik untuk kehamilan karena selain mengandung serat tinggi juga mengandung vitamin serta mineral yang bagus untuk sibayi, contoh makanan yang mengandung gandum adalah oatmeal dan roti gandum.

Walnut dapat dijadikan alternatif sumber lemak omega 3 bagi yang kurang suka dengan telur ataupun ikan. Sehingga perkembangan otak si bayi akan tetap terjamin.

Sayuran terutama yang mempunyai daun hijau tua banyak sekali mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk perkembangan janin, contohnya sayur bayam. Selain itu bila dikombinasikan dengan beraneka buah-buahan, maka tingkat kecukupan akan vitamin serta mineral akan bagus sekali disamping itu banyak juga buah yang mengandung antioksidan dan ini juga bagus sekali kehamilan.

Comments

comments