Makanan Pantangan Ibu Menyusui

Sebelumnya pernah dibahas tentang obat yang tidak boleh diminum oleh ibu menyusui, kali ini akan dibahas juga makanan pantangan ibu menyusui. Mengapa hal ini perlu dibahas? karena semua yang dimakan atau dikonsumsi ibu menyusui akan dapat dikeluarkan juga melalui ASI. Jadi bila ingin bayi Anda nyaman dan aman, baca terus artikel makanan pantangan ibu menyusui ini.

Mempunyai seorang bayi adalah anugerah yang tak ternilai untuk semua Ibu. Tentu saja sebagai seorang Ibu selalu ingin memberikan makanan yang mengandung nutrisi terbaik untuk si kecil. Makanan paling baik untuk bayi sejak ia baru lahir hingga usia 6 bulan adalah ASI (Air Susu Ibu). Karena selain mengandung antibody, ASI juga mengandung gizi yang baik untuk tumbuh kembang si kecil.

makanan ibu menyusui

Apa yang dimakan oleh ibu menyusui sangat berpengaruh pada ASI yang dikonsumsi bayi. Oleh karena itu ibu menyusui harus selektif terhadap makanan-makanan apa saja agar ASI penuh kandungan nutrisi yang berguna untuk pertumbuhan bayi.

Makanan pantangan apa saja yang harus dihindari oleh Ibu menyusui :

1. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein. Bukan saja kopi, tapi beberapa makanan lain juga mengandung kafein, seperti minuman penambah energy, minuman soda dan coklat.

2. Hindari Makanan yang cenderung memberikan reaksi alergi pada bayi. Ada beberapa makanan yang diduga dapat memicu alergi, misalnya susu sapi, telur, seafood/makanan dari laut dan kacang-kacangan (makanan berprotein tinggi).

3. Hindari makanan yang pedas.

Mengapa Ibu menyusui harus menghindari makanan/minuman yang mengandung kafein?

Dari survey didapatkan hasil bahwa bayi berusia kurang dari 3 bulan menjadi lebih sering menangis, rewel, perut kembung, dan sering buang angin, pada ibu-ibu menyusui yang mengkonsumsi makanan berkafein. Hal ini disebabkan karena kafein adalah zat yang menimbulkan efek candu, badan menjadi segar, tidak mudah ngantuk dan capek. Dan kafein yang masuk ke dalam ASI sangat berefek kepada si kecil. Demi buah hati tercinta, sebaiknya kebiasaan minum kopi dan makan coklat dihentikan sementara agar bayi tumbuh sehat.

Demikian juga pada ibu-ibu yang makan pedas selama menyusui, ditemukan hasilnya bayi sering gelisah, sering buang angin karena kembung, beberapa mengalami diare, faeces yang cair atau lebih lembek dari biasanya.

Lalu bagaimana mengetahui makanan yang dikonsumsi menyebabkan alergi pada bayi?

Dengan mengamati kondisi/reaksi apa yang terjadi pada bayi, beberapa hari setelah ibu mencoba makanan baru, apakah timbul gejala alergi pada bayi, atau gejala yang tidak biasanya. Dengan demikian ibu dapat mengetahui jenis makanan apa yang harus menjadi pantangan sementara saat menyusui.

Comments

comments