Macam-Macam Penyakit Ginjal

Pada artikel terdahulu sudah pernah dibahas mengenai penyakit yang sering terjadi pada ginjal yaitu batu ginjal, gagal ginjal, dan pada artikel “urine berubah merah” juga sudah disebutkan beberapa penyakit ginjal. Pada kesempatan ini akan dibahas macam-macam penyakit ginjal berdasarkan penyebabnya serta berdasarkan lama penyakitnya.

Sebelumnya perlu diketahui dulu tentang ginjal beserta fungsinya.

ginjalGinjal adalah organ kita yang cukup penting. Bentuknya mirip seperti kacang merah, letaknya di bagian pinggang agak keatas atau terletak di bagian belakang tubuh kita dan disamping tulang belakang. Ada 2 buah ginjal yang terdapat ditubuh kita yaitu disebelah kanan dan kiri.

Ginjal mempunyai fungsi yang beragam tetapi fungsi yang paling utama adalah sebagai alat ekskresi atau alat pembuangan dari zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh dan dibuang melalui urine. Sebelumnya zat-zat tersebut sudah disaring terlebih dahulu oleh ginjal.

Beberapa fungsi ginjal yang lain adalah:

– Sebagai tempat untuk membersihkan atau menyaring darah. Darah yang masih baik selanjutnya akan disalurkan lagi ke seluruh tubuh sedangkan hasil saringan yang toksik atau berupa racun akan dibuang.

– Sebagai organ yang mengatur jumlah volume darah yang beredar diseluruh tubuh. Disini jumlah darah akan diatur sedemikian rupa sehingga terjadi keseimbangan.

– Sebagai tempat untuk menyaring gula serta beberapa zat gizi didalam tubuh, sehingga zat-zat yang berguna untuk tubuh akan dipertahankan didalam tubuh bersama dengan darah.

– Sebagai alat untuk mengatur keseimbangan pH darah. Dan diharapkan darah akan mempunyai kadar keasaman yang tidak begitu asam.

Masih banyak lagi fungsi-fungsi mikro ginjal lainnya yang cukup rumit. Bila ginjal ini terganggu atau ada penyakit yang mengenai ginjal maka fungsi-fungsi ginjal tadi juga akan terganggu dan akan menimbulkan gejala.

Secara garis besar penyakit ginjal dapat dibedakan berdasarkan penyebabnya dan juga berdasarkan tingkat atau lamanya gangguan ginjal tersebut.

Penyakit ginjal berdasarkan penyebabnya

Penyakit ginjal akibat infeksi

Akibat adanya infeksi ini maka akan timbul proses peradangan pada bagian ginjal contohnya pielonefritis & glomerulonefritis.

Glomerulonefritis timbul akibat reaksi tubuh terhadap racun dan terutama racun yang berasal dari bakteri yang bernama streptococcus. Bakteri ini sering menyerang bagian tenggorokan dan menyebabkan infeksi tenggorokan.

Penyakit ginjal yang disebabkan karena kelainan pembentukan ginjal

Pada penyakit ini ginjal tidak terbentuk sempurna. Sehingga beberapa fungsi ginjal akan mengalami gangguan.

Penyakit ginjal yang disebabkan karena adanya batu yang berada di ginjal

Penyakit batu ginjal ini sudah pernah dibahas disini.

Penyakit ginjal yang merupakan akibat dari penyakit lain

Penyakit lain yang dapat berimbas ke ginjal adalah diabetes mellitus dan tekanan darah tinggi.

Penyakit ginjal berdasarkan lamanya

Berdasarkan lamanya ini dapat dibagi menjadi penyakit ginjal yang akut (gangguan ginjal akut)  dan penyakit ginjal yang kronis.

Penyakit ginjal akut dibagi lagi menjadi 3 yaitu :

1. Penyakit ginjal akut dengan penyebab praginjal
2. Penyakit ginjal akut dengan penyebab ginjal
3. Penyakit ginjal akut dengan penyebab pasca ginjal.

Penyakit ginjal akut dengan penyebab praginjal adalah semua keadaan yang menyebabkan berkurangnya volume cairan didalam tubuh dan lambat penanggulangannya contohnya perdarahan yang berat, diare dan muntah-muntah, dan bisa juga disebabkan karena penyakit jantung yang mengakibatkan aliran darah ke ginjal berkurang.

Penyakit ginjal akut dengan penyebab ginjal biasanya disebabkan karena seringnya meminum obat-obatan yang merugikan untuk ginjal (toksik untuk ginjal).

Penyakit ginjal akut dengan penyebab pasca ginjal biasanya disebabkan karena adanya gangguan aliran urine pada saluran kencing sesudah ginjal. Contohnya adalah adanya batu di ureter.

Penyakit ginjal kronis

Penyakit ginjal digolongkan kronis apabila sudah ada kerusakan atau gangguan struktur ginjal sehingga mengganggu fungsi ginjal. Fungsi ginjal dapat diketahui dengan melihat kadar basal ureum nitrogen dan serum creatinin, biasanya penyakit ini ditandai dengan adanya darah didalam urine pada pemeriksaan urine (hematuria). Tanda lainnya yaitu terdapatnya protein didalam urine (albuminuria).

Dari semua penyakit ginjal tadi, rata-rata mempunyai gejala yang mirip yaitu timbulnya rasa nyeri di bagian pinggang, nyeri disini bisa timbul dan hilang. Nyeri ini bisa menjalar ke bagian perut, terus kebawah ke arah lipat paha.

Apabila nyeri berlangsung agak lama akan timbul warna kemerahan pada saat kencing, ini akibat adanya darah dalam urine. Dan biasanya akan ada peningkatan frekuensi kencing menjadi lebih sering.

Untuk mengetahui gejala-gejala penyakit ginjal secara lengkap, ikuti terus blog ini, akan dibahas secara khusus pada satu artikel.

Comments

comments