Kencing Manis Apakah Keturunan?

Penyakit Diabetes Melitus atau sering disebut kencing manis memang sangat ditentukan oleh karena faktor keturunan atau genetik. Jadi apabila salah satu atau kedua orang tua mempunyai sakit kencing manis, maka anak-anaknya sangat berpotensi/ mempunyai resiko tinggi untuk terkena penyakit ini. Tetapi apakah ini harus diterima saja? apakah bisa anak-anaknya terhindar dari penyakit ini? jawabnya BISA yaitu dengan meminimalisasi faktor resiko tersebut.

Memang susah apabila kita berurusan dengan gen atau faktor keturunan karena banyak yang menyebut sebagai faktor takdir. Banyak sekali orang yang menderita penyakit kencing manis ini karena terlahir dari kedua orang tua atau salah satu yang juga menderita kencing manis. Gen itu memang dari Tuhan, tetapi bukan berarti kita tidak bisa berbuat apa-apa!

diabetes apakah menurun

Kita dapat kok meminimalisasi faktor gen atau resiko tadi. Caranya? Jaga pola hidup kita dengan mengatur pola makan kita serta biasakan untuk menjalani gaya hidup yang sehat.

Contohnya pada penderita kencing manis pasti dilarang mengkonsumsi makanan yang berjenis karbohidrat (gula serta makanan yang berbahan dasar tepung). Dalam hal ini bukan berarti tidak boleh sama sekali, boleh saja tetapi harus ikuti pedoman berikut ini yaitu Batasi konsumsinya/jangan banyak-banyak, nikmatilah makanannya tapi jangan lupa diimbangi dengan olah raga secara teratur.

Perbanyaklah makanan yang banyak mengandung kromium. Karena kromium bisa membantu untuk memperbaiki kinerja insulin. Makanan yang banyak mengandung kromium diantaranya adalah apel, merica, udang, brokoli serta kacang-kacangan.

Makanan dan minuman yang dibatasi yaitu gula, lemak, urat serta alkohol. Hindari kebiasaan/keadaan seperti berikut jarang olah raga, merokok, stress. Cegah kegemukan/obesitas, hipertensi dan jangan lupa juga untuk rajin melakukan regular checkup. Dengan menerapkan pola hidup sehat seperti ini, kasus kencing manis akibat faktor keturunan pasti akan bisa dicegah atau setidaknya akan menurun.

Comments

comments