Kenapa Tangan Sering Kesemutan?

Kesemutan sering dialami hampir setiap orang, biasanya tidak berlangsung lama dan segera hilang. Ini sering terjadi bila mengalami kesemutan yang ringan. Pada kesemutan yang agak berat, kesemutan ini berlangsung lebih lama dan agak parah hingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Bila mengalami kondisi seperti ini, maka otot disekitarnya akan berpotensi mengalami kehilangan kekuatan dan bisa mengecil sehingga kemampuan untuk memegang sesuatu akan berkurang. Contohnya memegang pensil atau gelas langsung terjatuh.

Kenapa bisa terjadi kesemutan?

Kesemutan terjadi akibat adanya gangguan fungsi pada serabut saraf. Gangguan ini bisa mengenai sistem saraf tepi, bisa juga mengenai sel saraf yang berada di sumsum tulang, atau bisa juga mengenai sepanjang saraf tepi. Pada awalnya kesemutan akan terasa diujung jari dan selanjutnya rasa kesemutan akan meningkat menjadi rasa sakit dan bahkan terasa seperti terbakar.

kenapa tangan sering kesemutan

Kesemutan sendiri dibagi menjadi 3 dimana masing-masing mempunyai sifat yang berbeda.

1. Polineuropati.

Pada keadaan ini gangguan saraf terjadi pada beberapa serabut saraf dan yang sering terjadi yaitu pada ujung saraf yang terpanjang. Biasanya kesemutan yang terjadi berawal dari ujung jari kaki atau tangan dan akhirnya naik atau merambat keatas. Polineuropati ini sifatnya simetris yang berarti selalu mengenai dua bagian tubuh yaitu kiri dan kanan.

2. Mononeuropati.

Pada keadaan ini gangguan saraf terjadi hanya pada satu saraf saja. Penyebarannya mirip dengan polineuropati bedanya mononeuropati hanya menyerang salah satu bagian tubuh, misalnya sebelah kanan saja sedangkan yang kiri tidak mengalaminya.

3. Radikulopati.

Pada keadaan ini gangguannya dimulai dari sel saraf yang berada di sumsum tulang belakang sampai ke pangkal serabut saraf tersebut atau sampai ke akar serabut saraf tersebut. Kerusakan ini sering terjadi akibat gangguan imunologi. Gangguan yang timbul juga bervariasi dan penyebarannya juga tidak memiliki pola yang khusus. Ini karena saraf dari sumsum tulang belakang dapat merambat kemana-mana dan bisa kemana saja.

Penyebab kesemutan yang paling sering adalah defisiensi atau kekurangan vitamin B1, vitamin B6 dan vitamin B12, dimana vitamin ini paling banyak dikandung oleh sayur dan buah-buahan, jadi ada kemungkinan penderita kesemutan ini kurang mengkonsumsi buah dan sayur. Bila penyebabnya ini, maka dapat dibantu dengan pemberian vitamin yang bersifat neurotropik atau vitamin untuk persarafan yaitu vit B1, vit B6 dan Vit B12 tadi. Pemberian vitamin tadi berfungsi untuk mempertahankan saraf tepi yang mengalami gangguan tadi agar tidak cepat rusak dan keluhan kesemutan bisa segera hilang.

Ada juga penyebab kesemutan yang ditimbulkan karena gangguan metabolisme. Gangguan metabolisme yang sering menyebabkan kesemutan biasanya disebabkan karena adanya kanker. Atau bisa juga karena keracunan logam berat seperti timbal/plumbum (Pb). Bisa juga kesemutan diakibatkan oleh adanya penyakit lain seperti sindroma karpal turner, tetapi beberapa penyebab terakhir ini agak jarang kasusnya.

Comments

comments