Kenapa Mendadak Timbul Benjolan Disekitar Lipat Paha?

Ada yang menanyakan pada saya mengapa mendadak timbul benjolan di sekitar lipat paha atau selangkangan? besarnya sekitar 3-4 cm, sifatnya keras dan bila ditekan terasa nyeri, kemudian yang membuat tanda tanya adalah kenapa tidak mau hilang meskipun ditekan. Warna benjolan itu merah dan agak terasa panas bila diraba.

Membaca keluhan tersebut, saya rasa kemungkinan besar orang ini mempunyai atau menderita suatu Hernia, sayangnya dia tidak menyebutkan apa aktivitas sehari harinya, karena pada hernia benjolan ini dipengaruhi oleh aktivitas, beda bila benjolan ini disebabkan oleh karena pembengkakan kelenjar getah bening. Jadi benjolan mudah muncul saat berolah raga terutama yang banyak melompatnya, atau saat mengejan dan mengangkatkan berat, intinya benjolan akan terdorong keluar saat tekanan didalam perut meningkat seperti pada aktivitas diatas. Sebaliknya jika berbaring, maka benjolan itu akan menghilang sendiri.

Jadi hernia itu disebabkan karena adanya benjolan atau tonjolan organ dari dalam rongga perut yang asalnya tidak ada. Organ yang sering menonjol ini adalah usus, bisa juga rumbai usus (omentum) dll. Dari sisi tempat 90 % hernia ini berada dilipat paha (inguinal), dan sisanya bisa di daerah paha (femoralis), atau bisa juga di sekitar pusat (umbilicalis).

Kenapa bisa mendadak? itu disebabkan karena jalannya buah zakar (scrotum) yang asalnya di rongga perut dan menjelang lahir turun ke bawah (di kantong zakar) tidak tertutup rapat, jadi terdapat celah yang dapat dimasuki organ yang ada didalam perut dan menonjol keluar disekitar lipat paha.

Apakah perlu dioperasi? Bila benjolan tadi bertambah besar dan tidak bisa masuk lagi, perlu hati2 karena ini tandanya benjolan ini terjerat oleh celah atau lubang tadi, kalau sudah begini mau tidak mau harus dioperasi. Kalau memang yang menderita ini seorang olah ragawan, yang aktivitasnya banyak bergerak seperti berlari, melompat, dll, sebaiknya jangan menunggu membesar karena cepat atau lambat benjolan ini akan membesar sehubungan dengan aktivitasnya.




>> Suka Dengan Info Kesehatan Di Blog Ini? Dapatkan Update Kolom Kesehatan Di Facebook Anda Dengan Memberi LIKE pada Kolom Kesehatan on Facebook <<


Comments

comments

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better