Kenali Tanda-Tanda Depresi

Hidup di masa-masa sekarang pasti banyak sekali mengalami masalah atau kesulitan, entah itu kesulitan ekonomi, masalah hubungan keluarga, dll. Hingga ada banyak sekali orang yang mengalami stres bahkan tidak jarang yang sampai jatuh dalam keadaan depresi. Bila sudah sampai keadaan ini maka diperlukan pengawasan yang ketat oleh orang yang berada disekitarnya, karena seseorang yang mengalami depresi bisa saja melakukan sesuatu yang tidak terduga dan kebanyakan mereka cenderung untuk mengakhiri hidup.

kenali tanda-tanda depresi

Kadang seseorang tidak sadar bahwa dirinya sedang depresi dan melakukan tindakan-tindakan seperti diatas dianggap sebagai jalan keluar terbaik. Karena itu sudah seyogyanya kita mengetahui tanda-tanda depresi agar bisa tahu kalau seseorang itu sedang terkena depresi dan menyuruhnya berobat serta menjaganya bila perlu.

Yang rentan sekali mengalami depresi adalah mereka yang tengah lanjut usia tetapi bila melihat problema kehidupan saat ini, penderita depresi dari usia muda juga meningkat banyak. Yang agak susah, tanda-tanda depresi antara usia muda dengan lansia berbeda bahkan antara mereka yang lanjut usia juga tidak sama gejalanya. Contohnya aktivitas yang menurun atau lebih banyak berdiam lebih wajar pada lansia sedangkan perilaku seperti ini pada usia muda bisa jadi sebagai tanda depresi.

Para lansia menjadi prioritas dalam penanganan kasus depresi ini karena selain gejalanya yang berbeda antar lansia juga tidak ada tes yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi kejiwaan mereka. Jadi bila curiga seorang lansia ini sedang mengalami depresi, tindakan yang bisa dilakukan hanya mengawasi perubahan emosi serta tingkah laku mereka.

Gejala depresi yang sering timbul adalah merasa badan sangat lelah padahal tidak banyak aktivitas yang dilakukan, sering terjadi gangguan tidur dan membuat pola tidur tidak teratur seperti tidur pada siang hari karena tidak bisa tidur pada malam hari, aktivitas yang biasanya sering dilakukan atau bahkan menjadi hobi sekarang menjadi bosan dan tidak tertarik sama sekali, sering sekali lupa atau kehilangan ingatan, bila mengerjakan sesuatu sangat sulit untuk berkonsentrasi sehingga kebanyakan tugasnya terbengkalai atau tidak selesai, pola makan juga berubah seperti makan hanya bila berminat saja atau lagi mood, perasaan sedih yang berlebihan dan sering timbul terus.

Bila mendapati tanda-tanda tersebut sebaiknya segera diperiksakan apakah sudah mengalami depresi atau belum, sehingga dapat diberikan penanganan serta pengobatan yang tepat.

Secara keseluruhan tanda-tanda depresi adalah tidak mau melakukan apapun dan banyak berdiam diri. Inilah menyebabkan mereka sulit untuk mendapat bantuan karena penderita depresi enggan untuk meminta bantuan dan lebih suka berdiam diri. Bila sudah begini diperlukan sikap proaktif dari orang-orang disekelilingnya seperti teman, sahabat serta keluarga untuk melihat serta mengawasi gejala-gejala depresi tersebut dan bila perlu membawanya untuk segera mendapat bantuan baik berupa obat-obatan atau sikap bersahabat yang lebih banyak memperhatikan penderita tersebut.

Comments

comments