Kedutan Bisa Disembuhkan

Apabila ada diantara anda atau saudara yang mengalami kedutan dan merasa putus asa karena sudah mencoba berbagai macam pengobatan tetapi tidak sembuh juga, saya pastikan bahwa penyakit ini bisa disembuhkan, asal melalui pengobatan yang benar. Jadi jangan lagi mencoba-coba mencari pengobatan yang lain sebelum baca postingan ini!

Kedutan atau timbulnya kejang spontan diwajah sering kali diderita oleh banyak orang. Memang kelihatan remeh padahal kedutan ini sifatnya pasti sangat mengganggu dan lagi menimbulkan rasa tidak nyaman karena orang-orang disekitar yang melihatnya menjadi heran dengan penderita kedutan ini. Susahnya kedutan ini tidak dapat ditahan atau dikendalikan oleh penderitanya.

Hemifacial spasm

Kedutan ini dalam bahasa medis disebut Hemifacial Spasm (HFS). Biasanya keluhan ini susah hilangnya meskipun sudah mencoba berbagai macam pengobatan. Susahnya bila berhadapan dengan orang yang tidak mengerti masalah ini, dipikirnya penderita sedang “main mata“.

Umumnya kedutan dimulai pada mata dan lama kelamaan akan bertambah ke bagian pipi hingga sampai ke daerah sudut mulut. Pada saat terjadi kedutan yang terjadi adalah spasme atau kejang spontan dari otot-otot wajah, sekitar mata, pipi, bibir hingga otot leher. Kejang spontan ini tidak bisa dikendalikan dan terjadi terus menerus secara bersamaan dan bila memberat dapat juga menimbulkan gangguan pandangan.

Kedutan ini akan semakin sering disaat penderita sedang lelah atau lagi stress. Bahkan ada juga yang merasakannya sampai saat menjelang tidur. Memang keluhan ini tidak disertai rasa nyeri tetapi karena sifat gangguannya yang membuat penderita sampai mengalami frustasi, cemas bahkan tidak sedikit yang sampai depresi.

Pencetus kedutan diantaranya selain stress, kelelahan dan ketegangan juga ada kecenderungan karena keturunan, karena mempunyai variasi pembuluh darah yang sama.

Banyak yang meyakini bahwa penyakit tidak dapat sembuh termasuk dari kalangan medis juga padahal kedutan atau hemifacial spasm ini dapat disembuhkan dan satu-satunya jalan adalah lewat operasi. Operasinya dinamakan Operasi Dekompresi Mikrovaskular (MVD) yang dilakukan oleh dokter ahli bedah saraf. Operasi ini biasanya berlangsung sekitar 2 sampai 3 jam dan pasien biasanya harus menginap di rumah sakit sekitar 4 hari.

Perlu diketahui penyakit ini berbeda dengan Bell’s Palsy yaitu kelumpuhan wajah sebelah karena gangguan saraf cranialis ke VII yaitu saraf Facialis, kalau penyakit ini dapat disembuhkan melalui pengobatan dan fisiotherapy biasa tanpa perlu proses operasi.

Comments

comments