Kapan Menopause Datang?

Pada postingan terdahulu sudah pernah dibahas bahwa siklus haid seorang wanita berkisar antara 21 sampai 35 hari. Tetapi rata-rata normalnya antara 28 hari atau 1 bulan. Sedangkan lamanya haid berkisar antara 3 sampai 8 hari. Ada yang menanyakan kapan normalnya datang menopause dan apakah bisa menopause ini datang lebih awal atau menopause dini?

Seorang wanita dikatakan sudah menopause bila dalam waktu setahun tidak mendapat haid sama sekali. Selain itu perlu juga pemeriksaan laboratorium tambahan untuk mendukung diagnosa tersebut. Biasanya hasil pemeriksaannya akan menunjukkan bahwa kadar follicle stimulating hormone (FSH) tinggi dan kadar hormon estradiol yang rendah. Jadi pada keadaan menopause ini cadangan sel telur yang terletak pada ovarium sudah habis.

menopause

Usia timbulnya menopause rata-rata terjadi pada usia 50 tahun. Hanya 1 persen wanita yang mengalami menopause dibawah usia 40 tahun. Kapan dikatakan terjadi menopause dini? dikatakan menopause dini bila seorang wanita ini mengalami menopause pada usia sekitar 25 sampai 35 tahun. Apa yang menyebabkan terjadinya menopause dini ini?

Menopause dini sering terjadi pada wanita yang merokok, atau juga sering terjadi pada wanita yang mempunyai status kurang gizi (nutrisinya rendah), bisa juga terjadi pada seorang wanita yang vegetarian (hanya makan golongan sayur-sayuran).

Menopause ini mirip dengan keadaan yang disebut sindrom ovarium resisten gonadotropin atau SORG, dimana sama-sama tidak haid. Bedanya yaitu pada wanita dengan SORG ini cadangan telur pada ovarium masih ada atau normal. Pada SORG yang bermasalah adalah ovariumnya, yaitu tidak peka terhadap stimulus oleh FSH yang dihasilkan oleh otak. Sehingga folikel tidak bisa berkembang.

Pada menopause dini perlu juga dilakukan pemeriksaan untuk menghindari terjadinya resiko kanker. Pemeriksaannya yaitu analisis kromosom, yang dievaluasi adalah ada atau tidaknya kromosom y, bila hasilnya benar-benar positif, harus waspada terhadap timbulnya kanker.

Comments

comments