Jangan Mencabuti Bulu Hidung!

Bulu hidung sebenarnya adalah pelindung bagi kita semua, karena dia berfungsi untuk menyaring atau memfilter zat-zat atau partikel yang ikut terhirup ketika kita bernafas. Fungsi ini akan semakin berguna bila kita berada pada tempat atau ruangan yang sangat kotor dan penuh debu. Biasanya tubuh akan meresponnya dengan mengeluarkannya melalui bersin.

Coba anda test, apabila anda habis bepergian dari tempat yang penuh debu atau dari tempat yang penuh asap, kemudian anda bersihkan rongga hidung anda dengan tisue, pasti akan terdapat noda yang berwarna hitam, ini adalah partikel partikel kecil yang sudah difilter oleh bulu hidung tadi. Karena itu ketebalan bulu hidung ini juga berbeda dari bulu-bulu lainnya, dia lebih tebal dan lebih kaku.

jangan mencabuti bulu hidung

Memang bulu hidung ini dapat bertambah panjang dan tampak dari luar hidung sehingga kelihatan tidak bagus. Dan banyak yang mengatasinya dengan mencabutnya! tanpa menyadari apa akibat yang bisa ditimbulkannya!

Bila anda termasuk yang suka mencabuti bulu hidung, tinggalkan kebiasaan ini! Mengapa? Saat bulu hidung dicabut maka tempat akar bulu tadi berpotensi untuk timbul luka dan luka ini bisa menjadi bisul. Bisul ini akan menimbulkan rasa sakit yang kuat bahkan sampai membuat sakit kepala sampai sulit tidur. Bila sudah timbul bisul jangan di obati sendiri atau bahkan di pencet2 sendiri karena didaerah tersebut terdapat pembuluh darah yang mengalir ke otak, sehingga apabila tidak ditangani secara benar infeksinya dapat menyebar sampai ke otak dan menyebabkan radang otak!

Bila anda pergi ke dokter, anda akan diberikan pengobatan dengan antibiotik untuk mencegah penyebaran infeksi sampai ke otak tadi. Jadi apabila ada luka didaerah tersebut harus hati-hati karena bisa saja ada bakteri atau kuman yang masuk dan gawatnya apabila ia masuk sampai ke dalam otak. Karena itu jangan sampai kita malah membuat luka sendiri yang berpotensi untuk jalan masuknya kuman. Ini juga berlaku untuk jerawat atau bisul yang terletak pada area diatas bibir, jadi obati yang benar jangan dipencet-pencet atau ditusuk pake jarum, dll, yang malah akan menimbulkan luka terbuka dan berpotensi dimasuki kuman atau bakteri.

Trus bila bulu hidung semakin memanjang apakah dibiarkan saja? Boleh saja dirapikan tetapi tidak dengan mencabutnya tapi dengan memotongnya dengan gunting secara hati-hati. Guntingnya juga harus yang kecil dan harus dilakukan dengan hati-hati. Bulu hidung yang dipotongpun cukup yang kelihatan dari luar jangan memotong sampai kedalam hingga mencapai akar, karena bisa malah melukai lapisan rongga hidung. Kemudian jangan memotong semua bulu hidung, karena bulu hidung itu tetap mempunyai fungsi seperti diatas tadi, bayangkan bila tidak ada filter dari bulu hidung tadi sehingga partikel kecil yang ikut terhirup akan langsung masuk ke dalam saluran pernafasan!

Comments

comments