Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat memang sangat mengganggu. Meskipun kesannya tampak remeh tapi jangan membiarkan masalah ini. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena bila diremehkan terus malah akan menimbulkan masalah.

Yang sering menimbulkan masalah adalah perilaku dalam membuang ingus. Hidung tersumbat ini pasti tidak nyaman dan siapapun pasti ingin segera terbebas dari ingus ini, dan akhirnya dibuanglah ingus itu, tetapi seringkali seseorang tidak sadar bila dalam membuang ingus ini tidak perlu terlalu keras atau bahkan sekeras-kerasnya. Yang sering terjadi adalah banyak yang membuang ingus dengan sekeras-kerasnya, padahal sebaiknya jangan terlalu keras, biasa saja!

Hidung tersumbat

Kenapa ? atau apa akibatnya? Bila kita membuang ingus dengan terlalu keras, memang ingus akan keluar dari rongga hidung, tetapi akan ada aliran balik yang menuju ke dalam rongga sinus. Semakin keras ingus itu dikeluarkan maka semakin besar juga aliran balik yang menuju rongga sinus tadi. Hal ini pasti akan menimbulkan masalah yaitu pertama, bisa terjadi luka akibat peningkatan tekanan yang terjadi secara mendadak dan keras. Kedua, aliran balik yang masuk ke rongga sinus itu adalah ingus yang banyak mengandung kuman, dan bila ingus itu masuk ke dalam rongga sinus maka akan terjadi infeksi didalam rongga sinus itu dan timbul sinusitis.

Jadi bila membuang ingus lakukan dengan perlahan, bila ingus masih kental sehingga sukar dibuang, perbanyaklah minum air putih sehingga akan mempermudah pengeluaran ingus. Atau bisa juga diatasi dengan obat jenis dekongestan yang berfungsi untuk melegakan hidung yang tersumbat. Cara lain yang juga membantu adalah dengan menggunakan uap panas sehingga cairan atau ingus yang kental bisa agak mencair dan akhirnya mudah dikeluarkan.

Karena ingus banyak mengandung kuman dan bisa menimbulkan penyakit, sebaiknya setiap selesai membuang ingus harus mencuci tangan dengan memakai sabun sehingga akan mengurangi munculnya penyakit lain.

Comments

comments