Hidung anak berbau tak sedap

Sebagai orang tua, tentunya pasti sayang terhadap anak-anaknya. Apalagi pada waktu ia semakin tumbuh besar dan semakin lucu. Kadang banyak sekali orang tua yang sibuk sekali bekerja, sehingga menitipkan anaknya ke tempat penitipan anak atau bisa juga di jaga oleh pengasuh atau dijaga oleh kakek neneknya sendiri.

Karena tidak dijaga oleh orang tuanya sendiri, pasti perhatian untuk anak ini jauh berkurang, sehingga anak ini mudah melakukan kegiatan sendiri tanpa pengawasan yang ketat dan ini berpotensi untuk menimbulkan penyakit.

Orang tua anak ini pasti bingung bila anaknya tiba tiba jatuh sakit atau rewel tanpa sebab. Barulah orang tua anak ini memeriksakan ke dokter atau mencoba dulu obat obat pertolongan pertama yang ada dirumah. Sering kali anak yang dititipkan/tidak dijaga orang tuanya jatuh sakit, apalagi kalo kebersihan lingkungan dan makanannya tidak diperhatikan.

hidung anak berbau tak sedap

Salah satu keluhan yang sering timbul adalah hidung anak baunya tidak sedap. Awalnya pasti orang tua menduga anaknya terkena flu biasa sehingga hidungnya buntu karena tersumbat cairan sehingga timbul bau tak sedap, maka dari itu dibelilah obat flu yang tersedia di toko obat terdekat. Namun ketika bau tak sedap itu tak kunjung hilang, maka bingunglah si orang tua ini dan memeriksakan anaknya ke dokter.

Apakah penyebab bau tak sedap itu?

Hidung bau pada anak tak selalu disebabkan oleh flu, tetapi pada anak kecil sering kali disebabkan oleh benda asing. Karena anak anak sering kali memasukkan benda benda kedalam mulut atau hidungnya terutama pada masa perkembangan yang dinamakan fase oral. Apalagi anak tersebut kurang diperhatikan/tidak terlalu diawasi.

Benda benda yang sering dimasukkan adalah serpihan rautan pensil, nasi, gulungan kertas atau tisue atau bisa juga kapuk yang berasal dari bantal atau guling.

Untuk membedakan dengan flu yaitu dengan melihatnya secara langsung, bila bau yang timbul dari berasal dari ke-2 lubang hidung, disertai keluar ingus terus menerus dan hidung tersumbat berarti itu flu.

Apakah tidak berbahaya?

Benda asing yang dimasukkan ke dalam hidung akan memicu iritasi, dan akhirnya terjadi infeksi, selain itu juga bisa terjadi mimisan/ epistaksis (keluarnya darah) dan juga sinusitis. Jadi benda asing itu harus segera dikeluarkan dan diobati.

Apabila anak anda mengalami bau hidung tidak sedap akibat benda asing, jangan ditangani sendiri, harus segera dibawa ke dokter, karena penanganan yang salah beresiko memperlebar ruang infeksi dan lebih berbahaya.

Untuk mengeluarkan benda itu dapat dilakukan dengan dua cara yaitu apabila benda asing tersebut berbahan lunak dengan disedot, bila berbahan keras dapat dikeluarkan dengan alat pengait khusus. Sekali lagi jangan ditangani sendiri selain memperlebar ruang infeksi juga bisa mengakibat luka di sekitar rongga hidung, apabila tidak ditangani dengan benar.




>> Suka Dengan Info Kesehatan Di Blog Ini? Dapatkan Update Kolom Kesehatan Di Facebook Anda Dengan Memberi LIKE pada Kolom Kesehatan on Facebook <<


Comments

comments

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better