Hati-Hati Bila Setelah Flu Tangan Atau Kaki Lumpuh

Bila kita tidak menjaga tubuh kita saat perubahan cuaca datang, maka daya tahan tubuh kita akan melemah. Akhirnya mudah sekali untuk terjangkit oleh berbagai penyakit. Beda bila tubuh kita selalu Fit, maka daya tahan tubuh kita akan mampu menolak berbagai penyakit yang hendak masuk ke dalam tubuh kita.

Gangguan kesehatan yang sering timbul pada musim seperti ini adalah Flu. Dan flu seringkali dianggap penyakit ringan akibat kecapekan, memang tidak salah, tetapi harus hati-hati bila setelah flu agak reda timbul rasa lemas seperti mau lumpuh pada tangan ataupun kaki! Ini tandanya sedang terkena GUILLAIN BARRE SYNDROME (GBS)!

GBS

Pada GBS ini, sistem kekebalan tubuh yang seharusnya membantu tubuh untuk menahan terhadap berbagai infeksi atau memperkuat tubuh terhadap berbagai infeksi malah bekerja tidak terkendali dan menyerang tubuh sendiri. Dan yang diserang oleh sistim imun ini adalah sistem saraf tepi.

GBS ini tergolong ke dalam penyakit yang disebut post virus infection artinya serangan ini terjadi setelah tubuh baru saja mengalami infeksi virus. Infeksi virus yang biasanya terjadi adalah radang tenggorokan atau influenza. Jadi apabila habis kena flu lantas mendadak tangan dan kaki lumpuh! segera bawa ke dokter dan jangan menunda lagi karena serangan ini berpotensi menimbulkan kematian apabila sampai mengakibatkan gagal nafas! Sudah banyak sekali kasus kematian akibat terkena GBS ini!

Kenapa bisa sampai fatal?

Awalnya sistem imun menyerang sistem saraf tepi sehingga akan mengakibatkan kerusakan sarung /selubung saraf. Sarung saraf ini tugasnya menghantarkan sinyal atau perintah yang berasal dari otak. Bila kita menggerakkan anggota badan, maka otak yang memerintahkan organ tubuh untuk bergerak dan dihantarkan ke sistem saraf organ gerak melalui sarung saraf tadi. Karena sarung saraf rusak maka perintah untuk menggerakkan tadi tidak sampai ke organ tubuh yang dimaksud, sehingga tangan atau kaki tidak dapat bergerak sesuai perintah kita (lumpuh).

Gejala awal yang timbul biasanya adalah rasa kesemutan atau seperti ditusuk-tusuk jarum di tangan atau kaki sampai menjadi mati rasa atau kebal. Akhirnya akan menjadi lumpuh total.

Pada kasus yang akut, bisa terjadi kelumpuhan pada organ pencernaan dan pernafasan yang mengakibatkan sulit menelan dan bernafas, pada keadaan ini bila sampai terlambat bisa berakibat fatal.

GBS ini lebih banyak menyerang orang dewasa dibandingkan anak-anak, menurut data anak2 yang terkena sekitar 2-3 persen saja. Kabar baiknya GBS ini bisa disembuhkan! tetapi ada syaratnya! Yaitu harus terdeteksi dini! karena itu perlu kewaspadaan terhadap penyakit infeksi virus.

Biasanya dokter akan mengobati sistem imunitas pasien terlebih dahulu, bila sistem imunnya membaik maka pasien akan sembuh total. Karena sistem imun itu sendiri yang akan membasmi “benda asing” yang menyerang sarung saraf tadi. Bila imunitas tadi masih tidak memadai maka kemungkinan untuk sembuh semakin mengecil, bahkan bisa terjadi kemungkinan kerusakan sarung saraf secara permanen.

Beberapa pengobatan yang sering dipakai adalah Imunoglobulin, yang dipakai untuk membantu pembentukan sistem imun tubuh, biasanya diberikan secara intra vena (dimasukkan ke dalam pembuluh darah) selama 5 hari. Pengobatan lain dengan memberikan kortikosteroid.

Comments

comments