Gejala Penyakit Ginjal

Pada postingan yang terdahulu pernah dibahas tentang macam-macam penyakit yang bisa terjadi diginjal. Bagaimana gejalanya? Dibawah ini akan dibahas secara umum tentang gejala penyakit ginjal.

Dengan mengetahui gejala penyakit ginjal ini diharapkan kita semua dapat mewaspadai adanya tanda-tanda awal penyakit pada ginjal sehingga penyakit yang timbul tidak akan berlanjut atau bertambah berat dan bahkan terlambat. Itulah sebabnya bila kita terlambat mendeteksi gejala sakit ginjal bukan tidak mungkin fungsi ginjal akan menurun dan sampai pada tahap gagal ginjal. Bila sudah mencapai tahap ini maka tidak ada satu pengobatanpun yang dapat menyembuhkannya sehingga untuk bertahan hidup harus dilakukan proses hemodialisis/cuci darah secara terus menerus. Untuk gejala spesifik dari masing-masing penyakit ginjal akan dibahas lebih lanjut pada artikel tersendiri dan kali ini akan dibahas gejala sakitnya secara umum. Berikut ini gejala-gejala yang mungkin terjadi pada penyakit ginjal.

Gejala Penyakit Ginjal

Perubahaan dalam proses berkemih.

Biasanya gejala awalnya adalah adanya perubahaan dalam proses berkemih bila dibandingkan dengan biasanya terutama dalam hal jumlah air kencing dan juga frekuensi kencing. Jumlahnya bisa berkurang atau malah bertambah disertai dengan peningkatan frekuensi kencing (lebih sering kencing). Kemudian dari segi warna biasanya agak cenderung gelap sedikit atau berwarna keruh.

Sukar berkemih disertai nyeri saat berkemih.

Keluhan ini terasa saat akan berkemih. Jadi pada saat akan berkemih terasa sukar atau seperti ada tekanan yang sifatnya nyeri, disamping itu juga terasa seperti ada rasa panas terbakar. Keluhan seperti ini sering terjadi atau disebabkan karena infeksi saluran kencing. Infeksi di saluran kencing ini dapat menjalar ke atas yaitu ke ginjal, biasanya kalo sudah sampai di ginjal disertai gejala demam dan nyeri punggung.

Adanya darah saat kencing.

Tentang topik ini sudah pernah dibahas di artikel ini. Bila ada darah maka warna kencing akan berubah menjadi merah muda sampai merah tua tergantung jumlah darahnya, kalau sampai terjadi gejala seperti ini harus ekstra hati-hati karena pasti ada penyakit serius. Sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Bengkak pada tubuh.

Bengkak biasanya terjadi di sekitar wajah, bawah mata, tangan, perut dan akhirnya sampai ke tungkai kaki. Ini terjadi akibat kelebihan cairan yang tidak dapat dibuang oleh ginjal dan menumpuk pada organ-organ tadi.

Rasa lemah dan capek yang menyeluruh.

Ini disebabkan karena produksi sel darah merah oleh hormon erithropoetin yang berada diginjal menurun, sehingga akan terjadi penurunan jumlah sel darah merah dan mengakibatkan rasa lemah dan capek seperti diatas. Ini karena sel darah merah yang biasanya mengandung oksigen dan dibawa ke seluruh tubuh menurun akibatnya sel-sel atau jaringan juga kekurangan oksigen. Biasanya penderita akan terlihat pucat wajahnya.

Kulit merah dan gatal.

Keluhan ini disebabkan karena penumpukan zat-zat racun yang tidak dapat dibuang oleh ginjal. Biasanya rasa gatal lebih terasa di punggung.

Nafas berbau ammonia.

Ini dikarenakan peningkatan kadar urea di dalam tubuh (uremia). Dan ini akan dipecah di air liur sehingga menimbulkan nafas seperti bau kencing atau bau ammonia.

Demikianlah gejala penyakit ginjal yang mungkin timbul pada saat terjadi atau ada gangguan di ginjal, jadi jangan meremehkan gejala seperti diatas, sebaiknya kita harus waspada dan memeriksakannya sehingga dapat dipastikan bahwa tidak ada gangguan pada ginjal. Perlu diketahui juga bahwa kegagalan fungsi pada ginjal ditandai dengan 3 gejala utama yaitu bengkak diseluruh tubuh, tekanan darah naik sangat tinggi dan adanya anemia (kadar Hb dibawah nilai normal).

Comments

comments