Gejala Asam Urat

Asam urat adalah salah satu penyakit yang tidak mengenakkan karena gejalanya yang menimbulkan nyeri pada persendian, bahkan tidak jarang membuat pincang atau sulit berjalan, mengapa bisa timbul penyakit asam urat?

Penyakit yang juga disebut GOUT ini timbul karena adanya penumpukan asam urat di dalam tubuh, penumpukan disini artinya sudah kebanyakan atau melebihi nilai normal dan ini bisa disebabkan oleh karena memang terjadi peningkatan produksi asam urat atau bisa juga disebabkan karena banyak makan yang mengandung purin secara berlebihan. Akibat tingginya kadar asam urat ini maka ginjal tidak mampu untuk mengeluarkan asam urat ini hingga kristal asam urat ini nantinya akan menumpuk dan mengisi persendian.

Batas normal kadar asam urat untuk wanita dan pria berbeda, untuk wanita nilai normalnya = 2,4 – 6 mg/dl sedangkan untuk pria nilai normalnya = 3,4 – 7 mg/dl.

Perlu diketahui juga bahwa asam urat ini tidak hanya bersumber dari makanan yang mengandung tinggi purin saja tapi juga bisa meningkat produksinya karena pengaruh obat-obatan, kegemukan, kencing manis, darah tinggi serta kolesterol tinggi.

Apa saja makanan yang mengandung tinggi purin? nanti akan dibahas pada postingan khusus.

Penting sekali untuk mengetahui gejala asam urat yang tinggi ini karena dengan mengetahui gejala asam urat tersebut maka anda bisa meminimalisir biaya pemeriksaan laboratorium atau pemeriksaan dokter, selain itu anda bisa segera melakukan pengobatan secara cepat serta dapat melakukan pencegahannya.

Berikut ini ciri ciri atau gejalanya.

gejala asam urat

1. Artritis gout akut.

Ini adalah tahap awal dimana terjadi proses radang akut dengan timbulnya nyeri sendi yang khas yaitu nyeri pada persendian ibu jari kaki (podagra), selain itu juga bisa mengenai sendi pergelangan kaki, lutut, tangan maupun pergelangan tangan, sendi yang terserang akan membengkak dan berwarna merah. Pada tahap ini gejala nyeri akan sembuh atau hilang sendiri dalam waktu sekitar 1 minggu, sehingga tidak ada yang menduga kalau sedang terkena asam urat. Yang paling sering terjadi adalah penderita mengira ini cuma salah urat atau keseleo biasa dan membawanya ke tukang urut dan karena sembuh atau hilang sendiri maka yang dipikirnya adalah sakitnya sudah disembuhkan oleh tukang urut tadi.

2. Artritis gout intermitten.

Tahap ini ditandai dengan seringnya kambuh gejala asam urat yang khas tadi. Tetapi jarak kambuhnya semakin lama semakin dekat atau sering kumat nyeri sendinya. Pada tahap ini tentunya pengobatan untuk menyembuhkannya lebih sulit daripada fase pertama.

3. Artritis gout kronik.

Pada tahap ini penyakit asam urat sudah masuk tahap kronis atau menahun, sering kambuhnya sudah terjadi lebih dari 10 tahun. Dan pada sendi-sendi yang terserang akan muncul benjolan-benjolan yang disebut sebagai tophus dimana benjolan ini berisi penumpukan serbuk yang terdiri dari kristal monosodium. Tophus ini bila dibiarkan lama kelamaan akan mengakibatkan kerusakan baik pada tulang atau sendi yang ada disekitarnya. Selain itu tofus ini juga bisa menyebabkan terjadinya perubahan bentuk dari persendian sehingga membuat penderita susah untuk memakai sepatu lagi.

Dengan mengetahui gejala asam urat diatas sudah sewajarnya bila kita wajib mencegah dan menjaga agar jangan sampai terkena asam urat serta mampu menanganinya secara tepat dan cepat bila sudah terkena, untuk pengobatan serta pantangan asam urat silakan ikuti terus pada postingan berikutnya.

Comments

comments