Efek Obat Nyamuk Terhadap Kesehatan

Nyamuk adalah serangga musuh manusia nomor 1 karena selain menyebabkan gatal akibat gigitannya, serangga ini juga bisa membawa penyakit ke dalam tubuh manusia, diantaranya demam berdarah/demam chikungunya (Aedes aegypti), malaria (Anopheles), dll. Karena itu sebaiknya kita menghindari gigitan nyamuk. Untuk menghindari nyamuk, banyak cara yang bisa dipilih dan yang paling sering adalah memakai obat nyamuk padahal tidak semua obat nyamuk itu aman dan dapat mengganggu kesehatan. Kali ini akan dibahas kelebihan maupun kekurangan berbagai tipe obat nyamuk serta alternatif lainnya yang bisa dilakukan.

Sebenarnya obat nyamuk bisa tetap digunakan asal bisa menyiasatinya, dan untuk menyiasatinya harus mengerti dahulu keuntungan maupun kerugian masing-masing obat nyamuk. Sehingga efek buruk atau kerugian dari pemakaian obat nyamuk tadi dapat diminimalisir. Dibawah ini akan dibahas satu persatu jenis obat nyamuk, dimulai dari yang paling sering dipakai.

obat nyamuk bakar

Obat nyamuk bakar.

Obat nyamuk jenis ini digunakan dengan cara membakarnya, karena dibakar pasti timbul asap dan asap ini yang digunakan untuk mengusir dan membunuh nyamuk karena mengandung zat yang dapat mematikan nyamuk. Meskipun tidak terlalu membahayakan untuk manusia tetapi asap obat nyamuk ini dapat mengakibatkan sesak nafas pada anak-anak. Apalagi bila ruangan yang diberi obat nyamuk bakar ini tertutup, sehingga asap akan terperangkap didalam ruangan dan dapat merugikan anak-anak. Jadi bila hendak menggunakan obat nyamuk jenis ini sebaiknya jangan digunakan pada ruangan yang agak tertutup atau tertutup sekali dan juga apabila memiliki anak kecil sebaiknya tidak menggunakan obat nyamuk bakar ini. Selain efek asapnya, seringkali anak terutama balita memasukkan sesuatu yang ditemuinya kedalam mulut, akan berbahaya bila sampai sisa obat nyamuk ini dimasukkan kedalam mulut.

Obat nyamuk semprot.

Apabila ruangan anda tertutup, bisa menggunakan obat nyamuk tipe ini karena obat nyamuk ini tidak mengeluarkan asap tetapi mengeluarkan zat aktifnya diudara. Obat nyamuk tipe ini cukup efektif mematikan nyamuk, tetapi sebaiknya menggunakannya saat sebelum kamar dipakai untuk tidur atau kegiatan yang lain, dan diberi jarak sekitar 1 jam sebelumnya agar efek semprotan obat nyamuk ini sudah hilang dan tidak terhirup oleh manusia. Akan lebih baik bila setelah disemprot dibantu dengan kipas angin sehingga efeknya bisa sampai keseluruh ruangan dan cepat hilang karena sudah menyebar.

Obat nyamuk elektrik.

Obat nyamuk jenis ini sifatnya hanya mengusir nyamuk tanpa mematikannya, itu karena kandungan bahan obat ini tidak sekuat dengan obat nyamuk semprot. Jadi keefektifannya masih kalah dengan obat nyamuk lain.

– Obat nyamuk lotion.

Obat nyamuk jenis ini biasanya mengandung aroma yang tidak disukai oleh nyamuk. Obat jenis ini bisa digunakan untuk anak-anak, tetapi harus dicoba dulu sedikit setelah tahan dan tidak alergi atau iritasi bisa dipakai untuk seterusnya. Mengapa harus dicoba dulu? karena banyak kulit anak yang masih sensitif dan bisa menimbulkan iritasi. Bila anak-anak memakai lotion anti nyamuk ini, juga mempunyai resiko untuk tertelan, ini terjadi apabila lotion ini masih melekat di tangan dan mengenai makanan atau anak tadi memegang makanana, jadi sebaiknya sebelum makan harus mencuci tangan dulu dengan bersih.

Beberapa cara lain yang dapat menangkal nyamuk yaitu dengan memakai kelambu sehingga nyamuk tidak dapat menembus kelambu tetapi perlu diperhatikan juga sirkulasi udara didalam kelambu harus cukup.

alat perangkap nyamukAda cara lain yaitu dengan mengunakan alat perangkap nyamuk, biasanya alat ini mengunakan elemen listrik untuk membunuh nyamuk. Cara kerjanya yaitu menarik nyamuk biar mendatangi alat ini dengan lampu yang terang, setelah nyamuk mendekat maka akan disedot menggunakan kipas yang terpasang dan akhirnya nyamuk akan terjerat oleh elemen yang mematikan nyamuk, alat ini cukup efektif dan bisa menjadi alternatif bagi yang tidak suka dengan obat nyamuk.

Sebetulnya ada cara sederhana untuk mencegah nyamuk yaitu dengan memakai sistem 3M (menguras, menutup, mengubur) pada tempat penampungan air. Atau bisa juga dengan mengunakan abate untuk membasmi jentik-jentik nyamuk, abate ini efektif dan aman digunakan pada tempat penampungan air yang sulit dikuras contohnya seperti tandon air.

Comments

comments