Diabetes Sebabkan Kesemutan

Kesemutan sudah pernah saya bahas dipostingan Kenapa tangan sering kesemutan dan disitu dijelaskan macam-macam jenis kesemutan. Kali ini saya akan membicarakan salah satu penyebab kesemutan yaitu Diabetes Mellitus atau yang sering dikenal dengan sebutan kencing manis.

Biasanya orang sering menggangap remeh masalah kesemutan ini, padahal ia bisa jadi merupakan pertanda suatu penyakit. Salah satu penyakit yang menimbulkan gejala kesemutan adalah Diabetes Mellitus/ kencing manis.

diabetes sebabkan kesemutan

Pada kencing manis akan terjadi gangguan pada aliran darah dan fungsi saraf sehingga akan menimbulkan gejala kesemutan. Seperti sudah dibahas pada postingan diatas, kesemutan mula-mula diawali dengan perasaan seperti kehilangan rasa, jadi tangan akan tidak merasakan apa-apa ketika menyentuh atau disentuh oleh sesuatu. Keadaan ini disebut sebagai Paraesthesia atau yang disebut kesemutan tadi.

Bila keadaan ini berlanjut maka proses ini akan meningkat dan akhirnya menjadi Hypaesthesia atau disebut juga baal, dan bila keadaan ini dibiarkan saja dan berlanjut terus maka akan terjadi mati rasa atau keadaan hilang rasa sama sekali yang disebut Anaesthesia.

Gejala ini sering diderita oleh para penderita penyakit kencing manis/diabetes. Bila sudah mengalami gejala seperti ini biasanya penderita sudah menderita penyakit ini agak lama. Karena gejala ini merupakan gejala minor dan cuma dialami sekitar 45 persen dari seluruh penderita. Sedangkan gejala utama/mayor diabetes adalah sering kencing diikuti oleh sering haus dan juga sering merasa lapar.

Kesemutan pada penderita diabetes disebut sebagai Peripheral Neuropathy (kerusakan saraf tepi) dan keluhan ini akan memberat hingga kaki akan merasa kram dan nyeri sekali apabila digerakkan. Bila berlanjut akan terjadi kelemahan pada organ gerak tersebut. Penderita yang mengalami gejala tersebut disebut diabetic polyneuropathy.

Kenapa kencing manis bisa menyebabkan kesemutan?

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa kesemutan disebabkan oleh karena gangguan saraf pada serabut saraf tepi dan ini disebabkan karena kadar gula darah yang sangat tinggi melebihi nilai normal. Selain itu tingginya kadar gula darah ini juga dapat menyebabkan gangguan atau kerusakan pada pembuluh darah kapiler.

Dua gangguan itu yang semakin memperberat gejala kesemutan dan apabila serabut saraf tepi dan pembuluh darah tepi sampai mengalami kerusakan maka akan sukar untuk menyembuhkannya.

Bagaimana untuk menanggulanginya?

Kontrol gula darah dengan menerapkan pola makan yang sehat dan diet yang tepat yaitu dengan mengurangi asupan makanan berjenis karbohidrat dengan disiplin yang ketat. Minum obat yang sudah disarankan dokter secara teratur dan juga rajin memeriksakan kadar gula secara berkala.

Comments

comments