Cara Mengobati Gagal Ginjal

Indikasi Hemodialisa

Ginjal adalah organ kita yang berharga, karena itu harus dijaga dan dirawat. Bagaimana cara menjaganya? sebelumnya kita perlu tahu dulu apa fungsi ginjal dan apa saja yang bisa mengakibatkan ginjal itu mengalami kegagalan fungsi.

Secara garis besar ginjal mempunyai fungsi untuk menyaring kotoran atau zat zat racun (zat zat hasil akhir metabolisme yang sudah tidak berguna untuk tubuh) dari dalam darah dan membuangnya dalam bentuk urine bersama sama dengan air. Kotoran yang disaring ini biasanya urea. Fungsi ini disebut juga sebagai fungsi ekskresi.
cara mengobati gagal ginjal
Ginjal juga mempunyai fungsi reabsorpsi, yaitu melakukan penyerapan ulang kembali bahan bahan penting yang masih berguna untuk tubuh yang terdapat dalam urine primer dimana zat zat tersebut akan dikembalikan ke dalam darah.

Selain itu ginjal juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan asam basa didalam tubuh. Bila terjadi gagal ginjal maka semua fungsi tersebut akan gagal juga sehingga zat zat yang tidak berguna untuk tubuh gagal disaring atau dibuang oleh ginjal dan akan diserap kembali oleh tubuh, padahal zat zat ini bersifat racun yang sangat membahayakan tubuh.

Apa yang menyebabkan gagal ginjal?

Biasanya yang sering terjadi adalah adanya proses infeksi (glomerulonefritis) yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel sel penyaring (nefron) pada ginjal, kemudian penyebab yang lain adalah penyakit hipertensi dan kencing manis yang juga berpotensi untuk merusak pembuluh darah kecil serta nefron yang ada di ginjal, selain itu beberapa kelainan ginjal seperti kista yang dapat merusak ginjal juga berpotensi menyebabkan gagal ginjal. Adanya batu di saluran ginjal juga bisa menjadi penyebab gagal ginjal, dan yang agak jarang terjadi yaitu kelainan autoimun.

Bagaimana gejala gagal ginjal?

Gagal ginjal dibagi 2 yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronik. Gejala gagal ginjal akut meliputi bengkak pada mata dan kaki, nyeri pinggang hebat (kolik), bila kencing terasa sakit, ada rasa demam, jumlah kencing sedikit, kencing darah, dan bila jumlahnya sedikit semakin terasa sakit bila kencing.

Sedangkan gejala gagal ginjal kronik adalah wajah pucat karena anemia, badan terasa lemas/merasa tidak bertenaga, nafsu makan berkurang karena adanya rasa mual bahkan sampai muntah, bengkak diseluruh tubuh, kencing yang semakin berkurang, gatal gatal diseluruh tubuh dan sesak napas.

Bila sampai timbul gejala demikian maka harus diperiksakan bagaimana fungsi ginjalnya, apabila terjadi penurunan fungsi ginjal maka harus segera di obati. Pengobatan meliputi pengendalian gejala, meminimalkan komplikasi yang ada, serta memperlambat perkembangan penyakit.

Pada beberapa kasus serius yang terjadi pada stadium terminal, diperlukan tindakan pencucian darah (haemodialisa). Apa Indikasi Haemodialisa?

– Penurunan fungsi ginjal dimana Glomerulus filtration rate mencapai dibawah 15 dan tidak ada respon dengan obat obatan.

– Ensefalopati Uremic, dimana racun ureum sudah mengakibatkan kelainan fungsi otak.

– Acidosis Metabolik (gangguan keseimbangan asam basa) dan gangguan keseimbangan cairan elektrolit (Hiperkalemia, Hiperkalsemia).

– Uremic Lung, dimana cairan yang berlebihan sudah memasuki paru paru.

– Gejala gejala lain yang disebabkan karena keracunan uremic.

Dengan proses cuci darah ini diharapkan tercapai keseimbangan asam basa dan elektrolit, serta membuang kelebihan air serta sisa metabolisme.

 

Comments

comments