Cara Mengatasi Rambut Rontok

Rambut adalah mahkota bagi setiap orang. Jadi bila rambut seseorang itu terlihat sehat dan tertata rapi karena dia paham betul tentang cara merawat rambut, pasti orang akan suka dengan orang tersebut atau bisa juga suka dengan penampilan orang itu. Sebaliknya bila seseorang ini rambutnya terlihat kering, kusut, bercabang apalagi ada kutunya, pasti orang lain akan enggan untuk melihat apalagi mendekat.

cara mengatasi rambut rontok

Berbicara mengenai rambut rontok, maka hal ini akan berkaitan dengan cara merawat rambut, karena apabila anda mampu merawat rambut anda maka tidak mungkin rambut akan menjadi rontok. Sebetulnya tidak banyak sekali variasi atau jenis perawatan rambut, tetapi yang banyak adalah cara merawat yang salah atau memperlakukan rambut dengan salah dan ini yang pada akhirnya akan membuat rambut jadi kusam serta mudah patah atau rontok.

Sebelum membicarakan mengenai cara merawat rambut, sebaiknya harus mengenali dulu bagaimana ciri-ciri rambut yang tidak sehat atau rambut rusak.

Rambut yang tidak sehat atau rusak mempunyai ciri-ciri :

– Apabila dipegang atau diraba terasa kasar sekali beda dengan rambut yang sehat bila dipegang atau diraba akan terasa lembut.

– Apabila di lihat dengan teliti maka batang rambut yang tidak sehat akan terlihat kering dan cenderung agak keriting tetapi bukan keriting karena memang rambutnya berjenis keriting.

– Bila rambut yang tidak sehat diangkat dan dijatuhkan ke bahu, akan terdengar bunyi yang mirip seperti kertas.

– Dari segi warnanya, rambut yang tidak sehat cenderung berwarna kemerahan atau bisa juga kekuningan karena berkaitan dengan kondisi dari batang rambut itu yang kering.

– Bila dibasahi dengan air, maka rambut yang tidak sehat ini akan menggumpal menjadi satu.

– Ciri-ciri yang paling parah adalah rambut sangat rapuh sehingga mudah patah walaupun cuma disisir dengan tangan, apalagi bila disisir dengan sisir rambut.

Berikut ini point-point yang harus diperhatikan dalam hal merawat rambut sehingga dapat mencegah kerontokan atau kerusakan rambut.

Rambut harus dibersihkan secara teratur.

Yang paling baik adalah membersihkan rambut 2 hari sekali atau selang sehari. Karena dengan membersihkan rambut secara teratur maka tingkat kebersihan pada rambut serta kulit kepala akan selalu terjaga. Bila kebersihan rambut selalu terjaga maka kondisi ini akan membantu untuk memperlancar sirkulasi darah pada daerah kulit kepala. Disamping itu keuntungan lain bila rambut selalu bersih adalah membantu untuk mencegah stress dan pikiran akan selalu jernih, juga semakin menjauhkan dari kemungkinan untuk kutu rambut bisa hidup.

Keseringan membersihkan rambut misalnya setiap hari sekali juga kurang baik untuk kesehatan rambut karena bisa mengurangi minyak alami yang secara normal diproduksi oleh rambut, padahal minyak alami ini sangat berguna untuk kebutuhan nutrisi rambut. Pada bayi kecil yang paling baik membersihkan rambut cukup satu kali atau dua kali dalam seminggu, karena rambut bayi belum begitu banyak disamping itu rambut pada bayi juga jarang kotor karena tidak banyak mengeluarkan keringat.

Pilihlah shampo yang tepat.

Sebaiknya memilih shampo yang sesuai dengan jenis rambut dan problem rambut yang sedang dihadapi. Apabila rambut tidak sehat atau rusak, pilihlah shampo yang mengandung Vit E karena vitamin E ini baik untuk kondisi rambut yang rusak dan mampu memperbaikinya. Bila rambut anda kering dan banyak sekali ketombenya, pilihlah shampo yang mengandung anti ketombe (anti dandruff). Untuk adik bayi, pilihlah shampo yang kandungan bahan aktifnya aman dan tidak menimbulkan iritasi pada mata serta tidak mudah memicu timbulnya alergi.

Gunakan kondisioner.

Pakailah kondisioner sehabis membersihkan rambut karena kondisioner ini mampu melembabkan kulit rambut serta dapat memenuhi kebutuhan nutrisi rambut dengan kandungan formulanya. Perlu diperhatikan juga apabila memakai kondisioner jangan sampai mengenai kulit kepala karena akan membuat rambut jadi lepek dan cepat kotor serta dapat memicu terbentuknya ketombe.

Potong atau gunting rambut secara teratur.

Dengan memotong rambut secara teratur maka akan baik untuk penampilan karena terlihat lebih rapi, selain itu juga sangat mudah untuk membersihkannya. Dan yang terutama adalah bila rambut banyak yang bercabang, akan sangat baik bila sering dipotong secara teratur

Pilihlah sisir rambut yang sesuai.

Pilihlah sisir rambut yang mempunyai gigi agak renggang atau agak lebar serta ujungnya tidak terlalu tajam sehingga tidak melukai permukaan kulit rambut. Hindari membeli atau menggunakan sisir yang terbuat dari bahan nilon atau bahan metal karena dapat menyebabkan rambut rusak atau mudah rontok.

Penuhilah kebutuhan nutrisi rambut.

Makanlah makanan yang mempunyai kandungan gizi yang lengkap dan seimbang sehingga mampu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk rambut. Pilihlah makanan yang banyak mengandung zat besi, zinc, kalsium juga vitamin E dan vitamin C. Zat besi yang kurang dapat menyebabkan rambut mudah rontok atau patah. Vitamin C sangat berguna untuk menjaga agar akar rambut menjadi kuat dan kokoh serta tidak mudah rontok.

Disamping kebutuhan nutrisi yang didapat dari asupan makanan, jangan dilupakan juga pentingnya perawatan rambut yang rutin seperti creambath, atau hair spa, sehingga kondisi rambut bagian luar yang rusak dapat segera cepat pulih.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan rambut.

Jangan terlalu sering memaksa rambut untuk dilakukan hal-hal yang dapat merusak rambut seperti menyemir rambut dan sering berganti-ganti warna rambut, sering meluruskan rambut dengan alat catok, sering kali mengeringkan rambut dengan hair dryer yang panas (lebih baik dengan menggunakan kipas angin).

Buatlah rambut anda menjadi rileks sehingga pertumbuhannya jadi sangat sehat dan tidak terganggu, perlakukan rambut anda se-nyaman mungkin contohnya seperti gunakan ikat rambut atau kuncirlah rambut saat olah raga dan jepitlah kearah atas. Begitu sebaliknya bila tidur hindarilah kondisi rambut terikat karena akan membuat rambut tidak rileks dan mudah patah.

Sebisa mungkin hindarilah sinar matahari dengan mengenakan payung atau penutup kepala, karena terik sinar matahari dapat juga merusakkan rambut. Bila mengunakan penutup kepala sebaiknya memilih yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat karena bila keringat tidak terserap dan menumpuk dikulit kepala dan kemudian mengering maka dapat menimbulkan kerusakan rambut.

Comments

comments