Cara Mengatasi Ketombe

Bila anda sedang mempunyai masalah ketombe pasti sangat menjengkelkan. Pasti anda akan segera mencari cara mengatasi ketombe. Kulit kepala secara normal akan mengelupas akibat adanya kulit mati setiap 40 hari. Biasanya jumlah kulit mati yang mengelupas itu tidak banyak. Apabila jumlahnya sangat banyak baik berupa sisik yang tipis maupun sisik yang tebal dan warnanya putih atau abu-abu, ini yang dinamakan ketombe.

Ketombe bisa berada di satu tempat kepala atau bisa juga mengenai seluruh permukaan kepala. Bila ketombe ini mengenai seluruh kepala maka dikatakan ketombe berat, biasanya juga disertai dengan gejala lain seperti kulit kepala yang berwarna kemerahan akibat radang, rasa sangat gatal, ketombe nya sendiri akan berwarna kekuningan akibat banyaknya minyak.

cara mengatasi ketombe

Akhirnya seluruh bagian kepala yang berminyak akan terkena juga seperti alis dan beberapa bagian wajah. Keadaan ini disebut Dermatitis Seboroik. Hingga saat ini tidak diketahui secara jelas penyebab dari dermatitis seboroik ini. Padahal ketombe ini dapat menyerang berbagai usia mulai dari usia 6 bulan sampai dewasa. Beberapa penelitian menduga ketombe ini sebagai dampak dari adanya jamur yang bernama Pityrosporum Ovale di daerah-daerah yang banyak mengandung minyak atau banyak mengandung kelenjar minyak. Juga diduga adanya faktor dari lingkungan dan genetik yang ikut berperan dalam memperberat penyakit ini.

Setiap orang dapat saja terkena ketombe ini dan perlu diketahui juga bahwa penyakit ini tidak ada kaitannya dengan faktor kebersihan pribadi. Jadi ketombe dapat juga mengenai orang yang rajin keramas setiap hari. Begitu juga dengan perkembangan ketombe pada tiap individu bisa sangat berbeda, ada yang begitu kena langsung mengenai seluruh kepala dan menjadi parah, ada juga yang sudah lama terkena ketombe tetapi yang terkena bagian itu-itu juga.

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi ketombe yaitu dengan memakai shampo khusus antiketombe (antidandruff). Biasanya shampo jenis ini mempunyai kandungan Ketokonazole, Zinc pyrithion, serta Selenium Sulfida. Bila ketombenya berat dapat menggunakan shampo ini setiap hari dibantu juga dengan pemberian minyak mineral hangat atau kalau pada bayi bisa dengan baby oil untuk membantu memgangkat lapisan kulit mati yang sangat tebal. Selain itu pada kasus yang berat sampai menyebabkan kulit kemerahan dan rasa gatal dapat diberikan Hidrocortison krim serta tambahan beberapa obat-obatan yang diminum.

Untuk anak-anak, shampo antidandruff cukup digunakan 2-3 kali dalam seminggu. Apabila sampai mengenai kulit wajah, maka dapat diberikan krim anti jamur yang mengandung Ketoconazole.

Comments

comments