Cara Mengatasi Kejang Pada Epilepsi

Penyakit epilepsi bila kambuh akan ditandai dengan gejala kejang. Kejang yang terjadi bisa focal atau general. Seringkali kita kebingungan bila melihat atau menghadapi seseorang penderita epilepsi yang tiba-tiba kejang. Ternyata ada cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk menghentikan kejang tersebut, hal ini terutama bila terjadi kejang yang focal.

Cara Mengatasi Kejang Pada Epilepsi

Perlu diketahui kejang fokal berbeda dengan kejang general. Dikatakan focal apabila kejang itu terjadi hanya mengenai salah satu sisi tubuh kemudian menyebar ke bagian tubuh yang lain, contohnya awalnya ibu jari yang kejang kemudian naik ke pergelangan tangan terus menuju wajah dan akhirnya mengenai seluruh tubuh. Beda dengan kejang general dimana kejang ini langsung terjadi pada seluruh tubuh.

Beberapa tanda awal munculnya kejang focal pada epilepsi :

– Biasanya penderita akan mengalami suatu halusinasi, contohnya merasa mencium bau sesuatu, melihat adanya sinar atau benda, atau bisa juga mendengar ada sesuatu tetapi nyatanya semuanya itu tidak ada.

– Penderita merasa perutnya tidak nyaman.

– Ujung atau sudut bibir bergerak-gerak tidak karuan.

– Mata bergerak-gerak dan terus berkedip-kedip.

– Tangan dan atau kaki sering bergerak terus.

Apabila muncul gejala seperti diatas biasanya akan diikuti dengan kejang focal dan berlanjut menjadi kejang general. Jadi untuk mencegah timbulnya kejang apabila melihat gejala-gejala mau timbul kejang segera lakukan cara sederhana untuk mencegahnya. Cara sederhananya yaitu dengan memencet ibu jari tangan, yaitu pada daerah diperbatasan antara kulit dengan kuku tetapi bukan pada ujung jari yaitu tepatnya mendekati pangkal kuku. Cara ini cukup efektif karena sudah diteliti dan yang pasti murah karena tanpa obat atau alat apapun.

Berapa lama dipencetnya? lamanya sekitar 30 detik dan diulang-ulang terus sampai penderita menjadi normal, jadi bila kelihatan mau muncul tanda-tanda kejang, cepat dipencet sampai tidak jadi timbul kejang sehingga penderita epilepsi ini dapat beraktivitas kembali seperti biasanya. Dengan cara sederhana ini maka kejang focal yang akan timbul dapat dihentikan dan tidak sampai berkembang menjadi kejang general.

Dengan menerapkan cara sederhana ini diharapkan dapat menurunkan angka kekambuhan penderita epilepsi dan juga dapat mengurangi penggunaan obat epilepsi sehingga kondisi penderita ini dapat menjadi lebih baik. Penderita epilepsi memang diharuskan minum obat terus, agar tidak kambuh penyakitnya, sedangkan bila dilakukan cara sederhana ini harapannya angka kekambuhan dapat dikurangi dan dosis obat juga dapat dikurangi sedikit demi sedikit.

Bila kambuhnya jarang dan dosis obat sudah dapat dikurangi akhirnya akan menghemat pembelian obat juga dan sangat meringankan penderita, karena harga obat epilepsi juga tidak murah. Yang perlu diperhatikan yaitu apabila sudah terlanjur kejang dan tidak dapat diatasi dengan cara diatas maka tetap harus diatasi dengan obat anti kejang (diazepam) yang dapat diberikan lewat suntikan atau dimasukkan lewat dubur. Jadi kalau ada persediaan obat anti kejang yang dimasukkan lewat dubur dapat digunakan.

Comments

comments