Cara Mencegah Jerawat

Jerawat masih menjadi salah satu problem kesehatan yang sering dihadapi terutama oleh para remaja yang berusia antara 12-25 tahun atau dewasa muda yang berusia lebih dari 25 tahun, karena itu cara mencegah jerawat cukup penting dan sering ditanyakan oleh para remaja dan yang seusianya.

Sebenarnya apa sih jerawat itu? Gampangnya begini, dikulit kita pasti terdapat pori-pori yang berfungsi sebagai tempat keluarnya keringat atau sebagai alat ekskresi. Bila pori pori kulit tadi tersumbat, maka akan menimbulkan keradangan atau proses radang yang ditandai gejala panas disekitar area, warna kemerahan, dan pembengkakan yang akhirnya akan terbentuk nanah. Itulah proses terbentuknya jerawat.

Jika kita sudah mengetahui proses terbentuknya jerawat maka setidaknya kita bisa mencegahnya supaya tidak sampai terbentuk jerawat, karena bila jerawat sampai timbul banyak dan bernanah apalagi memenuhi muka lagi, maka akan membuat si pemilik wajah menjadi kurang percaya diri.

Cara-cara mencegah jerawat yang ada dan yang nanti juga akan dijelaskan pun tidak 100% pasti akan berhasil karena timbulnya jerawat ini juga dipengaruhi oleh banyak faktor yang pada akhirnya akan membuat jerawat semakin susah dikendalikan. Tetapi dengan melakukan upaya pencegahan setidaknya akan membuat jerawat jarang muncul atau sedikit saja timbulnya.

Untuk mencegah jerawat ada beberapa cara yang harus dilakukan.

cara mencegah jerawat

Bersihkan wajah secara rajin dan teratur.

Sering-seringlah membersihkan wajah mulai dari dahi sampai ke leher, dengan sering membersihkan seperti ini maka kotoran yang menempel akan jarang, sehingga potensi kotoran untuk sampai menyumbat pori-pori akan semakin kecil.

Hati hatilah dalam menggunakan kosmetik atau produk kecantikan.

Pilihlah yang aman dan jangan berlebihan. Aman dalam arti produk ini layak dipakai dan sudah teruji dengan standar kesehatan yang dikeluarkan oleh balai POM. Jangan berlebihan disini berarti hanya memakai seperlunya saja karena bila memakai secara berlebihan akan menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit dan usahakan mencari produk yang tidak mudah untuk memicu jerawat, biasanya produk seperti ini tidak mengandung minyak atau memakai air sebagai bahan dasarnya dan pada labelnya tercantum tulisan noncomedogenic atau nonacnegenic.

Hindarkan wajah dari produk perawatan rambut.

Pada beberapa kasus, jerawat bisa disebabkan atau berasal dari rambut, jadi usahakan bila sedang memakai produk untuk rambut (minyak rambut/hair spray/mousse) jangan sampai mengenai wajah secara langsung, pakailah penutup wajah, bisa menggunakan handuk atau penutup yang lain. Bisa juga karena kotoran dari rambut yang menginfeksi wajah, terutama bagi yang mempunyai rambut panjang sebaiknya rambutnya diikat atau dikuncir agar keringat yang mengandung kotoran dari rambut tidak menempel ke wajah. Dan akhirnya akan menyumbat pori-pori kulit.

Gunakan sarung bantal dan sprei yang bersih.

Jangan remehkan sarung bantal dan sprei karena dari sini juga bisa menjadi sumber penularan kuman. Ini bisa terjadi bila wajah tidak sempat dibersihkan atau kurang bersih membersihkannya dan langsung tidur sehingga kotoran yang besar kemungkinan mengandung kuman akan menempel di bantal atau sprei, sehingga akan terjadi penularan bakteri dari bantal atau sprei secara berulang yang mengakibatkan jerawat tidak kunjung hilang. Karena itu sering-seringlah mengganti sarung bantal dan sprei dengan yang bersih.

Rubah pola hidup yang tidak sehat.

Perbanyaklah kegiatan yang berguna seperti olah raga rutin, dan cukupkan waktu untuk tidur/istirahat, jangan terlalu memforsir pekerjaan, hindari makanan/minuman yang tidak baik bagi kesehatan seperti alkohol, coklat, makanan yang berminyak/gorengan, permen atau makanan yang terlalu manis, jangan atau hindari merokok. Perbanyak makan makanan yang berguna untuk kesehatan seperti buah atau sayuran, karena makanan itu sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan kulit kita. Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup (sekitar 8-9 gelas sehari) karena air putih juga membantu untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh melalui urine.

Comments

comments