Berhenti Merokok Segera Bila Tidak Ingin Pikun

Sudah sering dibicarakan tentang bahaya merokok bahkan dibungkusnya juga sudah ditulis “ROKOK MEMBUNUHMU”, tetapi kenyataannya semakin banyak saja orang yang merokok. Padahal merokok ini tidak hanya membahayakan dirinya sendiri tetapi juga membahayakan orang disekitarnya atau perokok pasif dan penelitian membuktikan efek yang diderita oleh perokok pasif lebih berbahaya dibanding dengan perokok aktifnya sendiri. Jadi seharusnya peringatan dibungkus rokok ditambah lagi, rokok membunuhmu dan orang-orang disekitarmu. Jadi bila memang sayang dengan dirinya sendiri dan anggota keluarga atau orang lain yang dekat dengannya, berusahalah untuk berhenti merokok! mengenai tips untuk berhenti merokok akan dibahas pada postingan berikutnya.

Berhenti Merokok Segera Bila Tidak Ingin Pikun

Hasil penelitian diluar negeri menunjukkan semakin banyak penyakit yang ditimbulkan oleh rokok ini. Dan yang agak baru adalah merokok dapat menyebabkan pikun! Jadi bukan hanya jantung atau kanker yang sering ditimbulkan oleh rokok tetapi juga penyakit pikun. Pada penelitian itu disebutkan bahwa rokok ini akan merusak pembuluh darah dan akhirnya akan mengganggu aliran darah sehingga lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan jaringan otak.

Bagaimana gejala penyakit pikun itu? pikun atau dementia itu adalah gejala penyakit yang berhubungan dengan masalah memori atau ingatan. Pikun sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa penyakit seperti alzheimer, cidera atau trauma kepala, stroke atau bisa juga akibat adanya tumor otak dan sekarang pikun juga bisa disebabkan karena merokok!

Orang yang pikun ini seringkali lupa atau sulit untuk mengingat hal baru, dan bila dibiarkan terus, memori atau masa lalu juga bisa lupa seperti lupa tanggal lahir atau lupa dengan para anggota keluarga, dll.

Gejala lainnya yaitu sering kebingungan sendiri dan mudah tersesat bila keluar rumah sendirian, juga sering lupa akan hal-hal kecil seperti dimana menyimpan sepatu, kaca mata, dll. Kemudian lupa atau kesulitan dengan kebiasaan sehari-hari seperti makan, mandi dan sebagainya. Keadaan ini akan diikuti dengan perubahan kepribadian seperti mudah murung atau bahkan cenderung ketakutan tanpa sebab yang jelas dan susahnya penderita pikun ini akan sulit memahami bahasa orang sekitarnya sehingga akan sering terjadi misskomunikasi dan ini akan terus semakin bertambah parah.

Apabila sudah sampai tahap yang berat diperlukan pendamping, bisa seorang suster atau perawat yang harus terus mengamati perilaku penderita pikun ini. Dan tugasnya adalah mempermudah penderita pikun dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari dan membuatnya agar selalu nyaman dan aman.

Jadi bagi Anda yang masih merokok apabila tidak ingin mengalami penyakit pikun yang dini dengan gejala seperti diatas, stop merokok detik ini juga! Dengan Anda berhenti merokok maka akan memperpanjang umur Anda serta orang-orang yang Anda kasihi.

Comments

comments