Beda Keputihan Dengan Kanker Serviks

Topik mengenai keputihan sudah pernah saya bahas di postingan yang lalu, disana sudah dijelaskan juga perbedaan antara keputihan yang normal (fisiologis) dengan keputihan yang patologis. Yang sering menjadi pertanyaan adalah apakah ciri-ciri atau gejala awal dari kanker (terutama kanker serviks) sama juga dengan keputihan. Dan bagaimana membedakannya.

Keputihan yang sering terjadi adalah yang fisiologis, dimana proses ini berhubungan dengan siklus menstruasi. Keputihan yang normal ini biasanya terjadi pada saat-saat tertentu yaitu pada saat masa subur(biasanya pada pertengahan siklus menstruasi), kemudian pada saat menjelang menstruasi dan juga pada saat hamil. Keputihan yang normal ini ditandai dengan gejala yang khas yaitu cairannya biasanya jernih, tidak mengeluarkan bau, dan tidak terasa gatal.

Normalnya didalam “miss V” terdapat bakteri yang mengeluarkan zat yang berfungsi untuk menjaga kadar keasaman (pH) disekitar “miss V” tetap rendah (sekitar pH4). Bila keadaan ini terus berlangsung maka akan mampu mencegah pertumbuhan kuman yang menyebabkan infeksi.

Infeksi yang terjadi adalah akibat derajat keasaman yang berubah. Dan perubahan ini tidak akan terjadi tanpa ada pencetusnya atau pemicunya. Pemicunya adalah akibat keseringan mencuci miss V dengan memakai sabun pencuci miss V, sebab yang lain adalah akibat terkena penyakit infeksi yang menular secara s3ksu4l, dan juga pada wanita yang sudah menopause dimana hormon menstruasi mengalami penurunan.

Bila terjadi infeksi yang menyebabkan keputihan maka keputihan ini akan berbeda dibanding dengan yang normal. Biasanya warna menjadi kehijauan, sedikit berbuih dan kadang tampak seperti keju. Hal ini akan disertai dengan bau yang tidak sedap serta rasa gatal. Untuk lengkapnya silakan baca dipostingan ini.

Kanker serviks adalah kanker yang menyerang leher rahim (cervix uteri), biasanya disebabkan oleh infeksi virus yang disebut human papilloma virus (HPV). Virus ini mudah sekali menular terutama pada wanita yang sering berganti-ganti pasangan dan akhirnya akan memicu kanker serviks.

Kanker serviks pada awalnya tidak bergejala sama sekali, kanker ini akan bergejala ketika dia sudah tumbuh atau memasuki stadium lanjut dimana akan menimbulkan gejala seperti: perdarahan yang keluar melalui miss V, atau timbulnya bercak darah setelah hubungan suami istri dan juga timbulnya rasa nyeri pada daerah sekitar pelipatan paha.

Bagaimana cara mengetahui secara awal dan membedakan antara infeksi biasa dengan infeksi oleh virus tadi?

Caranya yaitu dengan melakukan test hapusan basah lendir miss V atau disebut juga swab basah. Setelah itu akan dapat diketahui apa penyebab infeksi tersebut. Apabila sering timbul bercak darah selesai hubungan intim, sebaiknya dilakukan juga pemeriksaan pap smear.

pap_smear

Cara sederhana untuk mencegah Keputihan adalah dengan menjaga suasana atau derajat keasaman pada miss V tetap rendah (4) yaitu dengan menghindari pemakaian sabun pencuci miss V yang terlalu sering. Disamping itu juga perlu diperhatikan juga tentang hygiene pribadi yaitu cara mencuci atau membersihkan miss V yang benar (dengan membasuh miss V ke arah anus). Pemilihan celana dalam juga perlu diperhatikan, pilihlah yang berbahan katun dan berpori, jangan memilih celana dalam yang berbahan nilon karena mudah menimbulkan suasana lembab, pilih juga celana dalam berwarna terang, agar bila timbul bercak yang mencurigakan segera diketahui.

Keputihan ini adalah masalah yang sering dialami banyak wanita karena sifatnya yang kumat-kumatan, apabila sering kumat, bagi yang sudah bersuami, ada kemungkinan kuman penyebab keputihan ini bersembunyi di sekitar “mr P” suami dan dia tidak menimbulkan gejala, jadi pada kondisi seperti ini suami juga perlu diberi pengobatan.

Perlu diketahui juga apabila keputihan yang berulang ini tidak segera diobati, maka akan dapat merambat naik ke panggul dan menyebabkan radang panggul (Pelvic Inflamatory Disease/PID). Ini akan menyebabkan penurunan kualitas dari saluran telur dan akhirnya dapat membuat sulit punya anak.

Comments

comments