Awet Muda Dengan Jus Wortel

Wortel sangat baik untuk kesehatan karena buah ini mempunyai banyak khasiat yang dapat meningkatkan kesehatan kita. Tetapi harus diperhatikan bagaimana cara memilih wortel yang baik, karena ada banyak jenis wortel. Yang harus diutamakan adalah mutunya, harus bisa memilih wortel yang baik mutunya, cirinya adalah biasanya warnanya kuning tua atau orange, diseluruh bagian wortel tidak ada yang busuk atau layu. Sebisa mungkin pilihlah wortel yang segar atau baru (habis dipetik), rasanya manis, renyah dan sedikit mengandung serat.

Awet Muda Dengan Jus Wortel

Berdasarkan data yang ada, diantara semua jenis sayuran, wortel mempunyai kandungan betakaroten terbanyak. Dalam 100 gram wortel rata-rata terdapat 12000 IU betakaroten yang sangat cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Betakaroten yang terdapat dalam wortel ini mempunyai banyak sekali fungsi yaitu:

– Sebagai antioksidan, sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit kanker.

Anti penuaan, karena ia dapat berfungsi untuk menunda proses penuaan terutama pada kulit sehingga dapat mencegah timbulnya keriput.

Mencegah penyakit mata seperti rabun senja, atau kekeringan pada mata (xerophtalmia), ini karena betakaroten tadi didalam hati akan diubah bentuknya menjadi Vit A.

– Selain fungsi diatas, betakaroeten juga berfungsi untuk membantu pertumbuhan tubuh, memperbaiki kesuburan serta meningkat daya tahan tubuh (imunitas).

Kandungan lain wortel yang juga berguna adalah pectin. Pectin ini adalah sejenis serat yang sifatnya larut dalam air dan bisa membantu menurunkan kadar gula serta kolesterol dalam darah.

Ada juga kandungan serat lainnya yang terdapat dalam wortel yang sifatnya tidak larut dalam air. Serat yang tidak larut air ini sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit pencernaan contohnya konstipasi/sembelit serta dapat juga mencegah kanker usus.

Selain itu wortel ini juga kaya akan kalium dan vitamin C, sehingga dengan tingginya kalium dalam wortel ini dapat membantu untuk menurunkan asam di darah. Sedangkan vitamin C sendiri juga berperan sebagai antioksidan juga. Jadi wortel mempunyai double antioksidan selain dari karoten tadi. Dengan tingginya kadar antioksidan yang dipunyai oleh wortel maka timbulnya zat-zat radikal bebas dapat dengan baik dicegah, perlu diketahui radikal bebas ini biasanya timbul sebagai akibat proses oksidasi dari kolesterol jenis LDL. Selain itu LDL ini juga dapat memicu timbulnya penyakit yang sifatnya degeneratif contohnya stroke, hipertensi atau gagal jantung.

Cara agar kita bisa memaksimalkan khasiat dari wortel adalah dengan men-jus wortel tadi. Jus-lah 1 sampai 2 buah wortel dicampur dengan air 1 gelas dan minumlah setiap pagi. Untuk mempertahankan zat aktif yang ada didalam wortel sebaiknya segera meminum jus tadi sebelum 20 menit, karena bila lewat 20 menit khasiat zat aktif tadi akan berkurang.

Dengan rutin meminum jus wortel tadi maka kulit akan tetap halus dan jauh dari keriput sehingga akan mampu menutupi usia sesungguhnya. Selain itu tubuh akan selalu sehat dan terhindar dari kanker.

Comments

comments