Apa itu Spondylosis?

Saya sering kali mendapat pasien dengan penyakit Spondylosis, biasanya mereka berumur agak lanjut diatas 50 tahun. Kadang mereka merasa sedih dan agak tersiksa dengan penyakit ini karena akan mengganggu aktivitas sehari hari, bahkan untuk berjalan saja sudah menimbulkan keluhan.

Apa sih sebenarnya Spondylosis itu?

Spondylosis adalah proses degenerasi tulang rawan sendi pada tulang belakang (spine) atau bisa juga disebut sebagai osteoarthritis yang mengenai tulang belakang.  Tulang rawan pada sendi tulang belakang (diskus intervertebralis) bersifat sebagai bantalan antar tulang belakang satu sama lain. Sehingga bila tulang rawan ini mengalami degenerasi atau kemunduran dan menjadi tipis akan menyebabkan terjadinya gesekan antar tulang belakang dan pada akhirnya tulang atau sendi ini akan mengalami kerusakan sedikit demi sedikit . Kerusakan ini akan memicu timbulnya tulang baru yang disebut osteophyte atau spurs yang mempunyai kemungkinan dapat menekan saraf disekitarnya dan menimbulkan gejala nyeri yang menjalar. Penekanan juga bisa disebabkan oleh karena tulang rawan ini menonjol keluar (herniasi disk).

Semuanya itu berlangsung dengan perlahan lahan dan akan terus berlangsung terus. Gejala ini yang membuat atau menimbulkan rasa nyeri yang sangat mengganggu. Keluhan yang timbul bisa bermacam macam seperti nyeri pada bagian pinggang bawah yang disebabkan oleh karena adanya kerusakan pada tulang belakang bagian bawah, nyeri ini lebih banyak terjadi apabila dalam posisi bergerak atau sehabis bangun tidur.

Keluhan lain yang bisa timbul adalah rasa nyeri menjalar mulai dari sepanjang kaki sampai ke telapak kaki, tidak jarang nyeri ini juga menimbulkan rasa kesemutan atau rasa tebal disepanjang kaki.

Bisa juga timbul rasa dingin atau kram disepanjang kaki. Keluhan lain yang bisa terjadi yaitu kelumpuhan pada kaki, yaitu merasa berat bila  menggerakkan kaki, bisa juga disertai gangguan pada proses buang air kecil atau buang air besar.

Untuk memastikan apakah spondylosis ini benar benar mengganggu saraf dapat dilakukan pemeriksaan MRI 3 dimensi sehingga dapat ditentukan terapi yang sesuai dengan keadaan spondylosisnya, apakah memerlukan tindakan operasi atau tidak.

Karena spondylosis yang tidak terlalu menimbulkan nyeri (keluhan tidak berat) tidak memerlukan tindakan operasi, pada kasus seperti ini dianjurkan untuk menjalani fisiotherapy serta pengobatan secara oral. Obat obatan yang dipakai adalah obat anti nyeri dan inflamasi untuk mengurangi nyeri yang timbul. Perlu hati-hati dalam memilih obat golongan ini karena kebanyakan mempunyai efek samping gangguan lambung. Obat tambahan lain yang juga diperlukan adalah obat untuk membantu perbaikan tulang rawan seperti Glucosamin Chondroitin.

Pengobatan yang juga sering dilakukan adalah suntikan yang mengandung hialuronic acid atau bisa juga dengan kortikosteroid. Biasanya pengobatan jenis ini dilakukan oleh tenaga medis dan dengan persyaratan tertentu.

 




>> Suka Dengan Info Kesehatan Di Blog Ini? Dapatkan Update Kolom Kesehatan Di Facebook Anda Dengan Memberi LIKE pada Kolom Kesehatan on Facebook <<


Comments

comments

Close
Please support the site
By clicking any of these buttons you help our site to get better